Apa itu “Android System WebView”, Cara menggunakannya?

Android System WebView

Sebuah aplikasi yang tertanam di ponsel android yaitu Android System WebView, apakah kamu menemukannya di ponselmu?

Aplikasi tersebut yang selalu mendapat update dari play store. Tapi apakah kamu tahu fungsi aplikasi itu? Kenapa aktif di ponsel? Seberapa pentingkah? Apa boleh dihapus?

Komponen Android yang penting

Android System WebView adalah alat penting dari sistem yang berperan untuk menampilkan konten web, alih-alih harus menggunakan web browser khusus (seperti chrome). Ini menjadi alat yang sudah ada sejak awal (bawaan sistem), namun tidak dicantumkan di aplikasi peluncur/beranda.

Aplikasi WebView ini didasarkan pada Chromium, proyek open source yang juga digunakan oleh Chrome.

Ini biasa digunakan oleh Facebook, Twitter, Reddit, dan lainnya untuk membuka link, mungkin juga untuk login akun game maupun aplikasi.

Kenapa menggunakan WebView?

Google memberikan leluasa kepada aplikasi untuk kemudahan menampilkan konten external. Dengan alat WebView Kamu dapat membuka tautan URL yang berada di aplikasi (Facebook, Instagram, dan lainnya) kemudian menampilkannya tanpa harus keluar dari aplikasi.

Pengembang juga bisa melakukan custom tampilan menyesuaikan dengan antarmuka aplikasi mereka. Dengan begitu pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi akan lebih konsisten (atau tidak perlu beralih ke browser).

Ini adalah tampilan WebView setelah membuka URL di Facebook dan Instagram.

Android System WebView

Android System WebView bisa kamu Update dan Install

Kamu pasti akan menemukan WebView di daftar aplikasi Google play store yang terinstal dan kamu bisa memperbaruinya jika disediakan update.

Update terbaru selalu diberikan google untuk memastikan aplikasinya selalu dalam keadaan terbaru dan untuk perbaikan bug. Pembaruan ini penting untuk menjaga semua aplikasi yang menggunakannya bisa berjalan lancar.

Dulu ini bagian dari sistem inti yang pembaruannya menjadi satu dengan inti Android. Sejak Android 5.0 lollipop WebView punya pembaruan sendiri yang bisa di download melalui play store. Di Android 7.0 Nougat WebView menjadi bagian dari Aplikasi Chrome. Kemudian di Android 10 “Android System WebView” terpisah dan menjadi aplikasi tunggal.

Download Android System WebView (APK) di halaman apkpure dan install manual

Bisakah di uninstall?

Sepertinya kamu tidak bisa menghapus WebView, karena ini bagian dari serangkaian sistem Android. Tetapi kamu dapat menghapus pembaruan aplikasi tersebut dan menonaktifkannya. Caranya: Buka Setting > Aplikasi > lihat semua daftar aplikasi kemudian buka info “Android System WebView” dan nonaktifkan.

Konsekuensi apabila WebView tidak aktif akan ada aplikasi atau game yang bisa terganggu, atau bahkan tidak stabil dan error. Karena mereka menggunakan itu untuk menampilkan halaman web eksternal.

Untuk Android 7 Nougat, Android 8 Oreo, dan Android 9 Pie, sistem tidak menggunakan WebView. Karena fungsinya dialihkan ke Chrome, seperti yang dibicarakan tadi. Pada Android versi ini, System WebView bisa di nonaktifkan tanpa masalah.

Mengaktifkan Android System WebView

Jika sebelumnya System WebView pernah dinonaktifkan atau tidak aktif. Maka kamu bisa mengaktifkannya kembali; Buka Setting > Aplikasi > lihat semua daftar aplikasi kemudian buka info “Android System WebView” dan aktifkan. Jangan lupa aplikasi sistem perlu ditampilkan dengan klik (titik tiga) > tampilkan semua aplikasi. *Mungkin akan ada perbedaan cara melakukan itu di setiap ponsel.

Mengatasi masalah error

Apakah Android System WebView di ponsel kamu terus berhenti? Untuk mengatasinya cobalah untuk melakukan pembaruan melalui Play Store.

Jika itu tidak berhasil atau kamu tidak bisa melakukan update cobalah untuk menerapkan langkah-langkah ini.

  1. Uninstall pembaruan System WebView,
  2. Hapus cache dan data di aplikasi WebView, Google Play Store, dan Google Play Services.
  3. RESTART (atau matikan dan hidup ponsel).
  4. Masuk ke Google Play Store dan update Aplikasi Android System WebView.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.