MIUI 13 Fitur lengkap, Tampilan dan Peningkatan Terbaru

MIUI 13

Xiaomi mengumumkan sistem terbaru mereka MIUI 13 di China, 1 bulan kemudian secara Global, ini termasuk juga Indonesia. Seperti sistem operasi baru ini berbasis android 12, akan tetapi beberapa kecil mungkin ada yang pakai android 11.

Kapan rilis? Xiaomi mengkonfirmasi MIUI 13 dapat di download pada Q1 ini. tanggal tepatnya belum di konfirmasi. Sebelum itu mungkin kita bisa membahasnya di sini.

Update MIUI hadir dengan banyak fitur baru dan peningkatan kinerja, termasuk juga keamanan privasi baru, tampilan Font sistem baru, wallpaper-wallpaper yang keren. Dan versi baru ini telah dioptimalkan untuk perangkat tablet. Dan berikut adalah fitur MIUI 13 yang baru.

Kinerja dan Performa

Sebelumnya di MIUI 12.5 enhanced edition (atau versi telah disempurnakan) pengguna hp Xiaomi disuguhkan dengan beberapa peningkatan. Tapi sepertinya itu belum sempurna.

MIUI 13 membawa pengoptimalan dari dasar sistem hingga aplikasi yang sedang digunakan, dengan berfokus pada tiga aspek utama yaitu:

  • Komputasi prosesor, Intinya kinerja CPU akan lebih fokus pada aplikasi yang sedang digunakan (berinteraksi). Membuat aplikasi yang berjalan jadi lebih stabil dan responsif.
  • Management memori, Mengakhiri tugas yang tidak penting, dan di kompres sesuai penggunaan. Ini bisa meningkatkan efisiensi sebesar 40%.
  • Liquid storage, Metode tingkat sistem untuk mengelola cara file disimpan di perangkat. meningkatkan efisiensi defragmentasi sebesar 60% Menjadikan penyimpanan tetap fresh dalam waktu yang sangat lama.

Seberapa jauh peningkatannya, MIUI 12.5 Enhanced Edition vs MIUI 13?

A. Sistem

MIUI-13-test
Peningkatan kinerja sistem

Mulai dengan penurunan bingkai 15% pada aplikasi pihak ketiga jika dibandingkan dengan rilis sebelumnya, itu berlaku untuk ponsel unggulan (kelas atas) mereka. Sementara untuk perangkat kelas menengah bisa 32% lebih baik dan sebesar 52% untuk kelas entry-level.

B. Aplikasi

MIUI-13-test-2
Peningkatan kinerja Aplikasi

Aplikasi asli Xiaomi juga berjalan lebih baik pada MIUI versi baru, dalam pengujian 23 aplikasi ada penurunan frame sebesar 23% pada ponsel unggulan, 26% pada ponsel kelas menengah, dan 20% untuk ponsel kelas bawah.

C. MIUI 13 vs yang lain

MIUI-13-test-3
Test flagship MIUI 13

Xiaomi juga membandingkan MIUI baru mereka dengan OS dari ponsel lain. Xiaomi mengklaim bahwa MIUI 13 berada di peringkat teratas dalam tes kelancaran. Mengalahkan Sistem android dari OEM lain dengan level yang sama.

Dengan pengujian membuka dan mengoperasikan 20 aplikasi secara bergantian, dan melihat latar belakang. dan uji hingga lima kali. Dari rata-rata yang diambil, ponsel Xiaomi bisa mencapai 14 Aplikasi yang masih terbuka di latar belakang. Mengalahkan ponsel dari Huawei, vivo dan oppo.

Kemudian ada test penurunan baca dan tulis. Dalam 36 bulan kecepatan baca dan tulis hanya menurun <5%. Ini mereka tes di perangkat Xiaomi 11 Pro dan ultra.

Apakah peningkatan performa sebegitunya signifikan, tentunya tidak. Hasil di atas adalah hasil terbaik yang bisa mereka dapatkan. Karena hasil bisa berbeda-beda di setiap ponsel.

Kesimpulan dari yang di dapatkan:

  • Kestabilan dan kelancaran sistem.
  • Rata-rata akan mengurangi konsumsi daya sebesar 10%.
  • Memperpanjang umur storage.
  • Pemakaian ram lebih optimal (rendah).

Fitur kecil yang membantu multitasking, dengan fitur ini kita bisa mengakses aplikasi favorit tanpa harus keluar dari aplikasi saat ini. Cukup tarik sidebar dari bilah sisi layar kemudian membuka aplikasi di layar jendela mengambang.

Seperti bisa membaca sambil mencatatnya, belanja sambil menonton video dan lainnya.

Privasi dan keamanan

Sepertinya Xiaomi ingin lebih baik lagi untuk melindungi data penggunanya, itu diperlihatkan dengan fitur-fitur keamanan baru di MIUI 13 seperti verifikasi wajah, memberi watermark dari ID pengguna dan perlindungan penipuan elektronik.

MIUI-13-new-privacy-features
Privasi dan keamanan

1. Pengenalan wajah yang pintar. Tidak hanya wajah, ponsel juga merekam semuanya dari pinggang ke atas. Sehingga orang lain dengan struktur tubuh yang berbeda tidak akan diizinkan masuk, bahkan jika mereka memiliki wajah mirip.

2. Fitur watermark privasi memungkinkan pengguna menambahkan watermark ke gambar yang Anda bagikan untuk mencegah penyalahgunaan identitas.

3. Perlindungan penipuan memiliki berbagai cara berbeda untuk melindungi pengguna dari penipuan online dan tentunya dalam hal telekomunikasi. Xiaomi memiliki catatan situs web dan perangkat yang mengandung malware, nomor telepon yang menyesatkan dan banyak lagi. Tapi entah apakah ini hanya di China saja atau tidak

Font

Xiaomi menunjukkan, bahwa mereka ingin punya ciri khas di UI Xiaomi. Diperlihatkan dengan menghadirkan Font baru yang diberi nama MiSans.

Ini akan menjadi font sistem yang datar, minimal, halus dan kaya akan fitur Open type. Tentunya dengan tujuan biar lebih nyaman dan enak untuk dibaca.

font MiSans
Font misans

Font baru Xiaomi ini dibuat dengan sangat rapi & simetris, menyesuaikan ketinggian tanda hubung secara otomatis menjadi huruf besar atau huruf kecil, disertai dengan menyederhanakan huruf, tanda, angka. Dari informasi font ini bisa digunakan untuk pribadi maupun komersial.

Tampilan

Animasi wallpaper miui 13

Tampilan MIUI 13 jadi lebih alami dengan opsi wallpaper baru yang lebih hidup, animasi zat zat kristal yang diambil menggunakan mikroskop cahaya.

Widget didesain ulang supaya lebih modern dan menarik dalam bentuk kotak. Ini juga menyertakan banyak dukungan widget baru, Seperti “Super Countdown Day” dan “Water Measuring Cup” yang menawarkan pengalaman seperti iOS 15.

MIUI 13 Pad

MIUI-13-Pad
miui pad

MIUI khusus datang di perangkat Xiaomi Pad, ada beberapa fitur tambahan seperti pengoptimalan aplikasi, pintasan beralih cepat antara mode layar penuh dan jendela, mengubah ukuran jendela, dukungan drag and drop untuk multitasking, dan banyak lagi. Serta adanya pintasan keyboard untuk meningkatkan produktivitas.

MIUI Pad diharapkan bisa lebih optimal padat layar yang lebih besar, dapat beradaptasi dengan banyak aplikasi, lebih produktif dengan berbagai kemudahan.

Di China, MIUI 13 hadir dengan Asisten Virtual Xiao AI dan pusat Mi Magic. Yang akan membantu pengguna mengelola beberapa produk Xiaomi dari satu tempat.

Ekosistem MIUI

MIUI bukan hanya sistem dari ponsel dan tablet, sistem operasi ini ada di berbagai perangkat Xiaomi. Yang bisa kita hubungkah dengan beberapa perangkat pintar.

Pembaruan MIUI untuk jam tangan pintar, perangkat smart rumah, dan TV pintar juga telah diperkenalkan. Dikatakan ini akan membawa “aliran konten yang mulus dan alami antar perangkat”.

MIUI ekosistem
Ekosistem MIUI

Update MIUI 13 juga fokus pada koneksi antar perangkat, seperti aplikasi, foto, hotspot, kode verifikasi (yang dapat ditransfer antara ponsel dan tablet), informasi navigasi, taksi, panggilan masuk, data olahraga (juga dapat ditransfer antara ponsel dan jam tangan) dan banyak lagi.

Bagaimana, Ini adalah peningkatan yang besar untuk Sistem UI milik Xiaomi karena memberikan banyak peningkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.