Tips cek iPhone asli atau palsu dengan cara mudah

Saat masuk ke segmen smartphone, iPhone dari Apple punya kelompok sendiri. Harganya jauh lebih mahal ketimbang rata-rata smartphone lainnya, karena menawarkan fitur-fitur yang unik, memiliki kualitas material yang kokoh dan solid, dan kemampuan kamera yang sulit di kalahkan. Ketika iPhone memiliki popularitas, beberapa penipu menjiplak produk dan menjualnya di pasaran dengan harga murah dan juga diskon-diskon besar.

iPhone hardcopy atau HDC dijual secara bebas di pasaran, membuat para pengguna iPhone menjadi was-was, apakah iPhone mereka asli atau palsu.

Banyak iPhone palsu di luar sana, untuk mengetahui mana iPhone yang asli dan tiruan kamu bisa cek dengan beberapa cara di bawah ini. Cukup mudah menentukan, karena iPhone memiliki fitur unik tersendiri yang menjadikannya berbeda dari yang lain.

Cara mengetahui iPhone asli original dan yang palsu

iphone apple

Ada beberapa trik yang bisa kamu coba, apakah iPhone yang kamu pegang original atau tiruan.

  1. Cek nomor IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, kodenya berupa jejeran nomor atau angka. Setiap kali Kamu membeli iPhone murah, periksa dulu nomor IMEI-nya. Periksa nomor IMEI telepon yang tertera pada kotak produk.

Setelah itu kunjungi situs web Apple https://checkcoverage.apple.com/in/en. Ketik atau masukkan IMEI iPhone ke bagian serial Number (nomor IMEI), selesaikan captcha kode dan klik continue. Mudah saja, jika kamu tidak menemukan hasil apa pun artinya iPhone itu palsu.

  1. Periksa antarmuka Telepon

Perhatikan ketika masuk ke antarmuka ponsel. Jika ponsel meminta check-in akun google, atau informasi akun lainnya untuk memulai play store, maka bisa dipastikan ponsel itu iPhone palsu.

Di iPhone Original, ponsel akan memandu kamu untuk memulai akun ID Apple saat pertama kali dinyalakan. Kemudian di dalamnya juga harus ada aplikasi AppStore.

  1. Perhatikan baik-baik Sekrup Pentalobe

Apple adalah satu-satunya perusahaan besar yang menggunakan sekrup pentalobe untuk mengamankan sasis di sekitar port.

Sekrup Pentalobe iphone

Untuk mengetahui apakah ponsel tersebut benar-benar produk Apple, coba perhatikan dengan baik sekrup yang ada di ponsel. Kamu dapat melihat sekrup Pentalobe iPhone di bagian dekat port, bentuknya kecil. Lihat coakan-nya, iPhone yang asli memiliki 5 sudut, bisa diibaratkan berbentuk bunga atau bintang.

Jika kurang atau lebih dari itu, maka itu adalah iPhone palsu.

  1. Cari tahu versi teleponnya

Cara lain untuk mendeteksi iPhone asli atau palsu adalah dengan mengecek versi telepon. Pergi ke menu pengaturan, masuk ke bagian About Phone. Lihat informasi tentang ponsel, jika iPhone kamu palsu maka akan terlihat versi android.

Ponsel iPhone yang sebenarnya harus memakai sistem operasi berbasis iOS, yang jelas bukan android.

  1. Periksa bezel layar

Bezel adalah batas tepi layar dengan bingkai ponsel. Khusus perangkat iPhone X atau model iPhone terbaru, kamu dapat melihat bezel pada layar ponsel untuk mengetahui iPhone asli dan palsu. Lihar bezel layar dengan cermat, iPhone asli memiliki bezel bagian bawah yang seragam/sama dengan bezel lainnya (sisi samping dan atas).

Sementara iPhone palsu secara umum bezel bawahnya akan lebih tebal dibandingkan dengan bezel yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.