Kelebihan Menggunakan SSD Ketimbang Harddisk

Seberapa Penting SSD

HDD (Harddisk) dan SSD (Solid state drive) adalah sama-sama penyimpanan. Tetapi mereka memiliki cara kerja yang sangat berbeda.

Harddisk menggunakan piringan yang berputar dan slider (seperti jarum) yang bergerak, piringan tersebut adalah tempat data-data tersimpan, dan slider untuk membaca data. Sementara SSD menggunakan memory flash yang tidak memerlukan gerakan, inilah membuatnya memiliki kinerja dan daya tahan yang unggul.

Sekarang SSD telah menjadi bagian penting dari perangkat laptop maupun komputer. Jika kamu membeli laptop atau komputer pasti banyak yang menyarankan untuk memakai SSD. Memang seberapa penting SSD itu, mengapa harus SSD.

Disini akan membahas kelebihan SSD, yang memang dirancang untuk menggantikan HDD yang lambat.

1. Punya akses yang cepat

Karena menggunakan memori flash, SSD berkali-lipat lebih cepat dari Harddisk dalam hal waktu respon, menyimpan dan mengakses data.

Harddisk akan menahan proses booting sistem operasi, karena harddisk membutuhkan waktu untuk mengakses data dan pada akhirnya akan memakan waktu lama ketika booting.

Sementara SSD tidak, ia melakukan semua akses data dengan lebih cepat, sehingga waktu yang diperlukan untuk booting sistem bisa lebih cepat.

Begitu pula dengan menjalankan program aplikasi, membuka/memuat file, dan transfer data, semua dilakukan dengan lebih cepat.

Inilah mengapa SSD penting, Seumpama CPU kenceng, ram besar, VGA kenceng, tapi kalau masih pakai Harddisk/HDD, wah performa yang dihasilkan pasti akan terhambat.

2. Minim kerusakan

Ingat SSD tidak memiliki komponen yang bergerak. Itu juga membuatnya lebih tahan terhadap guncangan seperti terjatuh.

Laptop yang sering dibawa-bawa kesana-kemari tentu juga memiliki kemungkinan untuk terjadi guncangan. Ketika laptop menggunakan harddisk, tentu guncangan itu akan membuat piringan yang berputar menjadi terganggu. Yang lama kelamaan akan memperpendek umur harddisk, dan kinerjanya tidak akan optimal lagi.

Ketika memakai SSD, guncangan-guncangan seperti itu tidak akan berpengaruh pada umur dan kinerja.

3. Lebih ringan

Soal lebih ringan tentunya ini menguntungkan bagi perangkat laptop. Karena ia menjadi perangkat yang cenderung untuk dibawa-bawa.

Terlebih lagi untuk SSD yang lebih canggih yaitu M.2, yang mempunyai ukuran yang kecil, ringan, dan tipis. Sehingga ini menjadi komponen wajib untuk laptop-laptop yang berukuran tipis dan berbobot ringan.

4. Hemat daya

Keuntungan lain dari SSD ialah, memerlukan daya yang jauh lebih rendah ketimbang Harddisk. Itu karena SSD menggunakan komponen flash sedangkan HDD menggunakan piringan yang harus diputar untuk beroperasi.

Tentunya dalam laptop dengan penyimpanan SSD dapat membuat baterai jadi lebih hemat, tidak cepat habis, dan bisa menyala lebih lama.

5. Tidak ada Fragmentasi

Fragmentasi bisa dikatakan, data pada harddisk dalam keadaan berantakan (tersebar dalam piringan). Sehingga slider akan melompat-lompat untuk mengakses blok data. Sehingga diperlukan defrag Harddisk untuk menata data, supaya kinerja lebih optimal.

Tapi pada SSD tidak ada lagi yang namanya fragmentasi. Tidak peduli di mana blok berada, SSD tetap akan mengakses data dengan kecepatan yang sama (optimal).

Jadi, apakah SSD perlu di defrag? Tidak.

6. Senyap

Piringan yang berputar pada harddisk akan membuat beberapa suara. Di sisi lain, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, karena menggunakan penyimpanan flash, yang artinya tidak ada noise.

Setelah kita tahu kelebihan SSD, tentunya kita tahu keuntungan menggunakan SSD. Yang pada intinya akan memberikan kenyamanan dan kemudahan. Terutama dalam produktivitas, dan pekerjaan akan lebih cepat. Tidak membuang buang waktu dengan menunggu.

Sebegitu besarnya pengaruh SSD pada perangkat komputer, terutama laptop. Sehingga memakai SSD dikatakan penting.

Jika kamu ingin membeli laptop pastikan untuk memilih yang pakai SSD. Semisal ada laptop 4 jutaan yang satu pakai SSD 512GB dan yang satunya lagi pakai 1TB (1000GB). Maka 512GB akan lebih layak untuk dipilih. Karena 512GB itu sudah sangat cukup, toh jika itu kurang bisa membeli penyimpanan eksternal untuk menyimpan data.

Hey, jika kamu masih pakai harddisk di PC atau laptop, kamu bisa menggantinya dengan SSD.