Laptop bagus

Perbedaan ASUS Zenbook dan Vivobook secara Singkat

Semua seri laptop Asus memiliki ciri khas yang berbeda beda, dari yang murah hingga mahal. ASUS Zenbook dan ASUS Vivobook adalah dua lini produk dari laptop Asus yang paling populer, dan keduanya juga terlihat sama-sama bagus dari baik dari kualitas spesifikasi sampai desain yang dipakai. Namun jika disandingkan keduanya memiliki perbedaan yang cukup berasa jauh.

Dilihat dari segi harga, Asus Zenbook memiliki harga lebih mahal dibandingkan Vivobook, dengan spesifikasi yang sama-sama mirip. Namun untuk spesifikasi lebih detail tentu seri Zenbook akan lebih premium dengan harganya yang mahal.

Berikut ini kita akan membahas detail apa perbedaan antara laptop Asus Vivobook dan Zenbook.

1. Kualitas Desain

desain zenbook vs vivobook
keyboard zenbook vs vivobook

Dari segi desain, keduanya memiliki prinsip yang berbeda. Semua varian Asus Zenbook di bangun lebih baik, menggunakan bahan metal (full aluminium), sehingga bodi laptop akan terasa lebih kokoh premium. Selain itu bahan tersebut membuatnya memiliki bobot yang ringan, serta bentuk yang tipis dan ringkas, tujuannya tentu biar lebih enak dibawa-bawa. Selain itu tampilan Zenbook selalu terlihat lebih klasik dan mewah, lebih menuju ke arah profesional.

Sementara Vivobook dibuat dengan bahan plastik kokoh, ini biasa digunakan untuk kelas laptop yang murah-murah. Namun untuk varian lebih bagus mereka akan memakai perpaduan metal aluminium dan polikarbonat. Dan versi Vivobook kelas atas mereka baru akan memakai aluminium, biasanya untuk yang pro. Kemudian ciri khas dari tampilan Vivobook itu lebih bergaya seperti adanya ukiran strip di tombol enter keyboard, bisa dibilang lebih terasa keren.

2. Spesifikasi

Seri Zenbook akan selalu mengarah ke kualitas premium, seperti kemampuan speaker akan selalu dioptimalkan dengan sangat baik untuk menghasilkan suara super jernih. Kemudian media penyimpanan, seri Zenbook selalu dibuat lebih kencang dengan SSD NVME terbaru PCIe gen 4. Untuk kemampuan baterai, seri ini juga sangat optimal, sehingga akan terasa lebih hemat.

Tapi di Vivobook kamu akan mendapatkan keunggulan performa daripada kualitas premium untuk harga lebih murah. Beberapa varian dari Vivobook kamu bisa menemukan kualitas speaker dari Harman Kardon, namun kualitas suara tidak akan sebaik seri Zenbook. Atau media penyimpanan, umumnya mereka akan menggunakan SSD NVME PCIe gen 3, sebenarnya sudah kencang tapi bukan yang terbaik layaknya gen 4.

3. Portabilitas

kelengkapan zenbook vs vivobook
keyboard zenbook vs vivobook

Di semua seri Zenbook kamu akan melihat colokan port yang lebih canggih, di laptop bertenaga intel Kamu akan menemukan port USB-C thunderbolt yang kencang, dan untuk versi AMD akan ada port USB-C 3.2 gen 2 yang bisa display out. Selain itu port tersebut juga bisa untuk pengisian daya, atau bisa juga mengisi menggunakan power bank.

Sementara di Vivobook port yang disediakan cenderung biasa saja (USB 3.2 atau HDMI), atau mungkin tidak disediakan port thunderbolt (untuk kelas terjangkau), colokan charging masih memakai dc-in.

Kesimpulan Zenbook vs Vivobook

ASUS Zenbook diperuntukkan bagi pengguna yang membutuhkan desain dan kualitas premium dengan kenyamanan terbaik, sayangnya jika ingin performa lebih kuat kamu perlu mengambil seri kelas lebih mahal (Zenbook Pro). Pada intinya Asus membuat seri Zenbook selalu lebih sempurna.

Sedangkan ASUS Vivobook di kelas murah kamu sudah bisa mendapatkan performa yang handal dengan kualitas yang bagus. Namun akan ada beberapa detail kecil yang akan terasa kurang dari segi pengalaman. Termasuk juga seperti tidak bisa membuka laptop dengan satu tangan.

Jadi secara garis besar ASUS Zenbook lebih cenderung untuk kategori premium dan Vivobook untuk kategori budget. Pilihan ada di kamu sendiri, carilah yang sesuai kebutuhan dan budget.

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *