Cara menemukan Nomor IMEI di ponsel Android

cek Nomor IMEI di telepon

Baik ponsel zaman dulu hingga sekarang pasti memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI), dari harga murah hingga yang mahal sekalipun. Apakah kamu membutuhkan nomor itu, kamu bisa mengeceknya langsung di ponsel (tanpa perlu melihatnya di kotak Kardus).

Apakah itu? Nomor IMEI adalah deretan angka khusus yang berfungsi sebagai identitas yang dimiliki di setiap slot kartu pada ponsel. Umumnya angka tersebut berjumlah 15 digit.

Satu IMEI digunakan untuk satu slot tempat (kartu SIM). Jika ponsel kamu punya dua slot sim card artinya ada dua nomor unik yang digunakan. Perlu kamu tahu setiap IMEI itu berbeda-beda dan tidak ada yang sama. Nomor unik itu digunakan oleh operator dan produsen untuk tujuan pelacakan.

Setelah mengetahui tentang IMEI, inilah cara menemukan nomor itu di ponsel kamu.

Cara paling sederhana: Ketik *#06# di Dialer

Karena banyak tidak setiap ponsel Android memiliki antarmuka yang sama, terlebih di pengaturan, maka angkah-langkah menemukan Nomor IMEI bisa berbeda-beda. Namun cara termudah yang bisa diakukan ialah memakai dialer aplikasi telepon.

Ini bisa kamu lakukan di brand ponsel mana pun, dari Samsung , Xiaomi, Oppo, Vivo bahkan iPhone, berikut caranya:

Buka aplikasi Telepon di ponsel kamu, kemudian kamu ketik kode cek IMEI berikut ini.

*#06#
Nomor IMEI kode telepon

Setelah memasukkan kode terakhir #, ponsel akan memunculkan IMEI. Sangat mudah kan.

Lihat di pengaturan

Sekarang bagaimana cara menemukan IMEI di menu pengaturan. Secara garis besar catatan IMEI diletakkan di bagian menu “Tentang Telepon”, namun selanjutnya tergantung pada merek, model, dan versi Android. Leteknya tersembunyi di tempat yang berbeda.

Untuk perangkat Samsung (One UI), buka aplikasi Pengaturan lalu menuju ke menu Tentang telepon dan kamu akan langsung melihatnya. Atau bisa juga pergi lagi ke Status > Informasi IMEI.

IMEI ponsel samsung

Ini untuk merk Xiaomi (MIUI), Buka aplikasi Pengaturan pilih menu Tentang Telepon > Status > Informasi IMEI. Untuk pengguna MIUI 12 (ke atas) setelah masuk menu Tentang Telepon selanjutnya kamu buka Keseluruhan spesifikasi kemudian baru Status.

Pengaturan tentang ponsel IMEI

Jika kamu sudah tahu akan sangat mudah untuk membukanya kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.