Pilih mana, Redmi Note 10 Pro atau Poco X3 Pro

poco x3 pro vs redmi note 10 pro

Xiaomi meluncurkan Redmi note 10 Pro series dengan spesifikasi yang cukup mewah dan menggoda di kelas harganya. Akan tetapi belum ada sebulan diluncurkan mereka meluncurkan lagi produknya dalam ranah Poco, yaitu Poco X3 Pro dengan chipset yang sangat power full.

Yang menarik lagi, kedua harga produk Xiaomi tersebut dijual dengan kisaran harga yang bisa dibilang mirip, yaitu 3.5 jutaan. Nah ini lah yang membuatnya cukup menarik untuk di bahas.

Bagi kamu yang memiliki rencana membeli salah satu HP Xiaomi tersebut, tapi belum tahu mana yang harus di pilih. Coba baca ini Poco X3 Pro vs Redmi Note 10 Pro.

Perbedaan Poco X3 Pro vs Redmi Note 10 Pro

Di sini hanya akan membahas perbedaan spesifikasi, keunggulan dan kelebihan dari keduanya.

Tampilan layar

Pertama kita bahas adalah layar dari keduanya, Redmi note 10 Pro memakai layar Amoled, yang sebenarnya itu adalah Super Amoled. Sementara Poco X3 Pro memakai layar LCD IPS. Keduanya berukuran 6.67 inci full HD dan mendukung refresh rate 120Hz.

Di sini Redmi lebih unggul dengan Amoled, serta ia punya color gamut (luas warna) yang lebih baik dengan dukungan HDR10.

Sementara Poco berada di bawahnya, akan tetapi IPS yang digunakan bukan 120Hz biasa. Itu adalah layar IPS yang bagus, bisa HDR10 dan Dynamic Switch refresh rate 50Hz/60Hz/90Hz/120Hz.

Layar Super Amoled yang digunakan note 10 memang sangat bagus di kelasnya dan tentunya lebih mahal dari pada IPS milik Poco, walaupun layar IPS Poco juga termasuk sangat bagus di kelasnya.

Baca: Kelebihan layar Amoled

Pelindung kaca

Redmi note 10 memakai Corning Gorilla glass 5, sementara Poco X3 Pro memakai Corning glass 6.

Di sini Poco lebih unggul, tetapi hanya di perlindungan layar depan saja. Perlu di ketahui Redmi punya lapisan Corning Gorilla glass 5 di bagian belakang dan kamera. Yang tidak ada di Poco.

Dari segi harga perlindungan kaca yang diberikan, tentu Redmi lebih unggul dengan perlindungan kaca depan dan belakang, walau menggunakan glass 5.

Desain

Keduanya punya desain yang benar-benar berbeda jauh. Redmi note 10 pro memiliki ketebalan 8.1mm dan berat 193g, serta desain yang sangat premium, desain yang biasa di gunakan di smartphone kelas flagship. Yang tentunya ketika di pegang, fill nya akan terasa berbeda dari kelas midrange biasanya. Ya, terasa lebih asik dan nyaman.

Sementara desain Poco X3 pro seperti smartphone di kelas harganya lah, ini juga masih sama persis seperti pendahulunya (poco x3 nfc). Dengan tebal 9.4mm dan berat 215g.

Di sini Redmi cukup tipis dan ringan dari pada Poco yang lebih tebal dan berat.

Performa

Inilah yang benar-benar membedakan kinerja dari keduanya. Redmi note 10 pro dengan prosesor/SOC Snapdragon 732g (GPU adreno 618). Sementara Poco X3 pro memakai Snapdragon 860 (GPU Adreno 640).

Ini adalah perbedaan performa yang sangat jauh. Yang dimana Snapdragon 860 bisa dikatakan punya kinerja kelas flagship. Bisa menangani game berat seperti Genshin Impact (rata kanan), dan yang akan datang nanti.

Di sini Poco menjadi jawaranya smartphone gaming kelas midrange. Keandalan kinerja dan performa Poco tidak diragukan lagi walau di kelas harga 3 jutaan. Kalau ingin ponsel gaming murah, langsung ambil saja Poco X3 pro. Dijamin membuat gaming akan menjadi sangat nyaman.

Sementara Redmi note 10 pro sudah sangat bagus dan nyaman dengan Snapdragon 732g untuk dipakai keseharian. Termasuk juga game-game yang tidak berat seperti PUBG MOBILE, Mobile Legend, dan game lain yang sekelas.

Perbandingan Antutu, redmi note 10 pro 290 ribuan dan poco x3 pro 490 ribuan.

Kamera

Redmi note 10 pro punya kamera utama 108MP, Ultra-wide 8MP, Telemakro 5MP, dan Depth sensor (kedalaman) 2MP. Sementara Poco X3 Pro dengan kamera utama 48MP, Ultra-wide 8MP, Telemakro 2MP dan Depth sensor 2MP. Keduanya sama-sama bisa merekam video maksimal 1080p60 dan 4K30.

Disini kamera 108 milik Redmi tidak sebagus yang 108-nya Smartphone mahal. Ini cuman resolusi saja yang besar, tapi tetap bisa menangkap gambar dengan lebih detail, dan zoom/perbesar gambar. Sensor yang digunakan ialah Samsung HM2.

Sementara sensor kamera Poco sama seperti Redmi note 10 biasa yaitu Sony IMX582. Di Poco X3 pro hasil rekam kamera 48MP bisa lebih optimal dan stabil karena di proses dengan snapdragon 860.

Untuk kamera depan Poco lebih unggul dengan resolusi 20MP, sementara Redmi di bawahnya dengan 16MP.

Baterai

Keduanya punya daya yang hampir sama. Redmi note 10 berkapasitas 5020mAh, sedangkan Poco X3 pro berkapasitas 5160mAh.

Keduanya punya daya charger yang sama yaitu 33W, Tapi di Poco ditanamkan Teknologi Middle Middle Tab (MMT), ini berfungsi untuk mempercepat proses charging. Di sini sudah jelas bahwa Poco X3 Pro lebih unggul.

Harga dan penyimpanan

Kita ambil harga online varian terendah, Redmi note 10 Pro harga Rp. 3.499.000 dan Poco X3 Pro harga Rp. 3.499.000, ya sama tapi penyimpanan yang didapatkan berbeda.

Redmi note 10 Pro mendapatkan penyimpanan 6GB Ram (LPDDR4X) dan 64GB Rom penyimpanan (UFS 2.2), sementara Poco X3 Pro mendapatkan lebih besar dan lebih cepat dengan 6GB Ram (LPDDR4X) dan 128GB Rom penyimpanan (UFS 3.1).

Dalam penyimpanan rom selisih 64GB, bisa dikatakan ini selisih 200 ribu. ROM yang lebih besar di Poco ini tentunya berguna untuk menampung game besar.

Untuk varian tertinggi, Redmi note 10 Pro harga Rp. 3.899.000 (8GB + 128GB) dan Poco X3 Pro harga Rp. 3.999.000 (8GB + 256GB).

Satu lagi, Redmi menyediakan slot 2 sim + 1 microSD hingga 512GB, sementara Poco menyediakan dua slot hybrid (2 sim only atau 1 sim + 1 MicroSD hingga 1TB).

Kesimpulan

Di sini bisa diambil kesimpulan bahwa Redmi note 10 pro sangat mengunggulkan layar Super Amoled, dan bisa dikatakan layar super amoled tersebut mahal. Dan tidak lupa termasuk kamera 108MP miliknya.

Redmi note 10 pro sangat cocok untuk pengguna seperti biasanya, ingin tampil stylish, sangat nyaman untuk jalan-jalan, traveling, atau penggunaan keseharian. Untuk game sudah sangat bisa, asalkan tidak seperti genshin Impact yang akan agak keberatan untuk menjalankan game tersebut terlalu lama. Walaupun masih bisa dimainkan setting low.

Sementara Poco X3 Pro mengunggulkan performa yang super kenceng. Ini sangat cocok untuk gaming, ya karena smartphone ini ditujukan untuk Gaming murah, dengan performa snapdragon 860 tidak diragukan lagi. Ini jauh lebih wort it dari poco x3 nfc, karena performanya meningkat jauh signifikan.

Terlebih lagi Poco X3 Pro punya teknologi liquid cooling dengan body belakang plastik, yang dimana ini akan berguna untuk meredamkan panas. Dari pada Redmi yang pakai kaca.

Jika kalian membeli benar-benar untuk game, langsung saja pilih poco. Lalu untuk penggunaan biasa keseharian tentunya butuh kenyamanan maka Redmi note 10 pro bisa kalian pilih, apalagi layar Amoled akan lebih dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.