5+ Keunggulan dan Manfaat Ponsel Layar Amoled dibanding IPS LCD

super amoled display

Amoled Display sering dikaitkan dengan Samsung, ya karena ini adalah teknologi dari Samsung. Awalnya teknologi ini hanya ada di kelas flagship, dan sekarang telah merambah ke kelas midrange seperti Samsung, Oppo Realme dan Xiaomi.

(Active Matrix Organic Light Emitting Diode) atau Amoled adalah teknologi yang dikembangkan dari layar OLED. Layarnya terdiri dari film-film tipis, yang mengandung molekul organik, ia akan menghasilkan cahaya apabila dialiri listrik.

Perkembangan teknologi ini dilanjutkan atau dikembangkan lagi menjadi Super Amoled, yang memiliki fungsi atau sensor sentuh (touchscreen) secara langsung. Artinya lapisan untuk mengenali sentuhan sudah diintegrasikan ke dalam layar atau sudah menjadi bagian dari layar.

Sehingga teknologi Super Amoled Samsung mampu menghasilkan layar yang berukuran sangat tipis, responsive dan memiliki ketajaman warna yang lebih baik.

Layar Amoled merupakan teknologi yang sangat menarik dan memiliki banyak keunggulan dari pada LCD pada umumnya. Teknologi ini tidak mudah diterapkan pada smartphone. Terlebih lagi harga komponen untuk membuat layar jauh lebih mahal ketimbang layar LCD IPS. Itu menyebabkan HP dengan layar AMOLED jadi lebih mahal.

Apa Ciri-ciri layar Amoled

Apakah kamu ingin mengetahui smartphone dengan layar Amoled dan membedakannya dengan LCD tanpa harus mencari tahu spesifikasi-nya.

Layar super amoled

Sebenarnya caranya tidaklah sulit, pertama perhatikan layarnya ketika menampilkan warna hitam. Jika benar-benar hitam dan tidak ada cahaya yang dihasilkan sudah pasti itu adalah layar OLED.

Kedua warnanya lebih cerah dan dari pada LCD IPS, brightness yang tinggi dapat membuat layar Amoled bisa terlihat jelas ketika berada di bawah terik matahari.

Jika ingin lebih tahu ciri-ciri dan kelebihan AAMOLED baca berikut ini.

Kelebihan Layar Amoled vs IPS LCD

1. Warna hitamnya sempurna

Cara menampilkan cahaya pada Amoled berbeda dengan LCD IPS biasanya. Untuk menyalakan pixel layar LCD harus ada pencahayaan atau backlight dari belakang panel layar. Ketika menampilkan layar yang hitam cahaya backlight masih akan terpancar.

Tetapi Amoled berbeda, ia tidak memerlukan backlight seperti pada layar LCD. Karena di setiap pixel layar dapat menghasilkan cahaya tersendiri. Ketika menampilkan warna hitam, pixel tersebut akan mati, sehingga tidak akan menghasilkan/mengeluarkan cahaya. Pada akhirnya warna hitam akan sangat hitam, yang tidak bisa oleh layar LCD.

Dan bagian pixel yang mati itu tidak mempengaruhi pixel lain. Jadi pixel ini dimatikan, tetapi pixel yang lain bisa tetap hidup. Intinya Teknologi AMOLED dapat mengontrol setiap pixel pada layar.

Begitu juga dengan Warna putih, yang lebih bagus ketimbang IPS LCD yang agak cenderung kebiru biruan.

2. Kontras rasio luas & Brightness tinggi

Luasnya kontras rasio akan memberikan perbedaan warna dari gelap hingga terang yang lebih fleksibel dan luas. Tingkat kontras yang luas, membuat layar dapat menampilkan warna dengan lebih jelas/murni dan lebih detail.

Kemudian brightness, layar AMOLED punya tingkat kecerahan yang sangat tinggi, yang bahkan bisa dua kali lipat dari layar IPS LCD.

3. View angel yang baik

Apa itu? View angel adalah sudut pandang.

LCD memiliki lapisan penyaring yang secara tidak langsung memblokir beberapa cahaya dan kedalaman. Ini membuat sudut pandangnya menjadi berkurang dari pada AMOLED.

Ya, ketika layar Amoled di lihat dari sudut mana pun, warnanya akan tetap sama dan tidak akan ada perubahan.

Kita tahu IPS memiliki view angel yang baik, tetapi AMOLED dapat lebih baik.

4. Menghasilkan Warna yang Jernih

Amoled Menghasilkan Warna yang Jernih

Cara kerja panel LCD ialah cahaya backlight yang di filter dengan warna, sehingga baru menghasilkan warna.

Sementara Amoled berbeda, ia menghasilkan warnanya sendiri tanpa ada backlight dan filter. Ini membuat warna yang dihasilkan lebih kaya, murni alami dan akurat. Dalam spesifikasi ia memiliki color gamut yang tinggi atau luas.

5. Panel Layar lebih Tipis

Di atas tadi di bahas, Amoled tidak memakai backlight. Ini membuatnya jadi lebih tipis dan fleksibel dari pada LCD. Terlebih lagi untuk Super Amoled yang sudah terintegrasi dengan sensor sentuhan. Sehingga ponsel tidak perlu memakai lapisan untuk mendeteksi sentuhan.

Dengan layarnya yang tipis tentunya bisa membuat body smartphone jadi tipis lagi. Dan tentunya kamu tahu, HP dengan body yang tipis akan lebih nyaman untuk dipegang.

6. Lebih Responsive

Lebih Responsive & Lebih hemat baterai

LCD IPS akan melakukan update seluruh pixel setiap kali ada perubahan warna (dengan backlight).

Sementara Amoled tidak seperti itu, ia dapat memperbarui warna dan kecerahan setiap piksel secara independen. Artinya perubahan warna dan kecerahan setiap pixel tidak mempengaruhi pixel yang lain.

Itu membuat layarnya memiliki tingkat responsive yang lebih cepat, termasuk juga ketika beralih antara keadaan on dan off.

7. Lebih hemat baterai

Apakah dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan AMOLED akan menjadikannya boros daya baterai.

Jawabannya, tidak. Justru malah akan lebih hemat baterai. Itu di dasarkan pada layar AMOLED yang tidak membutuhkan backlight. Dan setiap pixelnya berupa RGB LED yang lebih hemat daya.

Terlebih lagi ia dapat mematikan pixel secara individu. Yang tentunya bisa mengurangi penggunaan daya.

Punya Manfaat & fitur yang menarik

amoled aod notifikasi

Pertama, smartphone dengan layar AMOLED bisa untuk AOD atau Always On Display. Dimana fitur ini dapat membuat layar selalu menyala. Contohnya menampilkan AOD jam. Layar akan menampilkan gambar jam dengan background hitam. Pada bagian hitam layar akan benar benar mati, dan hanya akan menyala di bagian gambar jam saja.

Kedua, bisa menampilkan layar dengan jelas ketika berada di area yang terang, seperti saat di luar ruangan atau bahkan di bawah terik sinar matahari. Itu karena ia punya brightness kecerahan tinggi.

Ketiga ialah bisa digunakan sebagai LED notifikasi. Ketika ada notifikasi baru layar akan menyala sebagian saja. Nah, bagian layar yang menampilkan notifikasi akan menyala, dan di bagian lain (hitam gelap) akan tetap dimatikan atau tidak menyala.

Nah bagaimana, apakah smartphone kamu sudah memakai layar Super AMOLED.

Leave a Reply

Your email address will not be published.