Perbedaan SSD WD Green, Blue, Black, Red dan Gold

Sekarang SSD telah dipakai di berbagai perangkat komputer dan laptop, jika masih pakai HDD, sudah ketinggalan. Terdapat banyak sekali pilihan SSD yang tersedia di pasaran, dan salah satunya SSD WD.

WD (Western Digital) adalah salah satu merek penyimpanan terbesar terbaik di dunia. Mereka menyediakan banyak jenis dan produk SSD yang sangat berkualitas, baik dalam bentuk sata 2.5 inc maupun m.2.

Tentunya dalam membeli SSD WD terkadang kita juga bingung, dalam menentukan SSD mana yang harus dipilih. Jika kalian perhatikan, mereka memiliki penamaan SSD yang dikelompokkan dalam bentuk warna (WD blue, WD green, WD black, WD red, dan WD Gold).

ssd western digital
SSD Western Digital

Dalam pengelompokan tersebut ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen.

WD BLUE

Kita mulai dengan produk yang dirancang untuk kebutuhan sehari-hari dalam jangka panjang dengan kinerja terbaik dan cepat, WD Blue adalah pilihannya. SSD tipe ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari hari seperti bermain game, bekerja dan aktivitas lainnya. Ini sudah sangat cukup untuk digunakan sebagai kebutuhan media penyimpanan aktivitas keseharian kalian.

WD RED

Dalam kebutuhan sebuah Network Attached Storage (NAS) tentunya diperlukan media penyimpanan yang tidak mudah rusak dan selalu bekerja secara optimal sepanjang hari. SSD tipe WD RED dibuat untuk kebutuhan tersebut. Jadi ini adalah penyimpanan yang ditujukan untuk khusus untuk bisnis NAS.

WD GREEN

Ditujukan untuk kebutuhan penyimpanan dalam waktu lama, tetapi ia juga bisa untuk penggunaan sehari-hari (bekerja main dan main game). Ini SSD, tentu memiliki performa kenceng, tetapi tidak se-kenceng yang Blue. Sebagai penggunaan harian atau bagi pengguna yang memiliki budget tipis, tentu ini cocok untuk dipilih.

WD BLACK

Sebagai pengguna kelas profesional dan gamers pro, Western Digital menyediakan WD Black. Yang tentunya menawarkan performa tingkat atas, super kenceng dan akses intensif yang tinggi. Tipe ini adalah SSD kelas atas yang menggunakan komponen-terbaik terbaik untuk pengoperasian kinerja tinggi.

WD GOLD

SSD yang tidak untuk PC kelas konsumen maupun bisnis, tetapi ia ditujukan khusus untuk menangani server. WD Gold dengan kinerja kelas atas dalam hal IOPS, DWPD dan TBW, termasuk juga keamanannya. Karena untuk server tentunya ia bisa selalu bekerja sepanjang hari, minggu, bulan, bahkan tahun.

WD Green vs WD Blue vs WD Blank

Sekarang sudah tahu kan arti dari penamaan SSD pada produk WD Western Digital. Sekarang, untuk kalian kelas konsumen kalian bisa memilih mana yang cocok untuk dibeli. Apakah kalian ingin membeli:

  • WD Green sebagai media menyimpan file-file kalian yang umumnya berukuran besar.
  • WD Blue untuk tempat sistem dan aplikasi yang dibutuhkan di keseharian supaya kinerja lebih cepat.
  • WD Blank untuk pekerjaan profesional atau gamers supaya mendapatkan performa yang sangat sepat.