Perbedaan Format FAT32, exFAT dan NTFS – Harus Pilih Mana

format fat32 ntfs exfat

Format FAT32, exFat dan NTFS merupakan sistem file yang dikembangkan oleh microsoft.

Sekarang ketiganya menjadi format yang banyak ditemui di berbagai macam penyimpanan yang berbeda beda. Masing-masing ketiga format itu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Perlu diketahui sistem file pada drive penyimpanan merupakan cara bagaimana data disimpan dalam drive dan jenis informasi apa yang dapat dilampirkan ke file.

Sebelum membahas perbandingan, kita kenalan sedikit dengan ketiga format tersebut.

FAT32 (File Allocation Table 32), merupakan sistem file yang sudah sangat lama. Banyak perangkat dan sistem operasi yang mendukung format ini. Format ini ada pada penyimpanan dengan kapasitas 32GB atau lebih kecil.

NTFS (New Technology File System), NTFS merupakan sistem file modern yang digunakan di Windows laptop dan komputer, datang dengan berbagai fitur dan kemampuan yang lebih baik dari FAT32. Sistem NTFS bisa kamu temukan di penyimpanan internal yang berbasis Windows.

exFAT (Extensible File Allocation Table), merupakan sistem file upgrade dari FAT32. Format exFAT digunakan pada penyimpanan flash drive dengan kapasitas besar (lebih dari 32GB).

Perbandingan Dasar FAT32, exFAT dan NTFS

PerbandinganFAT32NTFSexFAT
Kapasitas Maks32 GB*2 Terabyte*16 Exbibyte
Ukuran File Maks4 GB256 Terabyte16 Exbibyte
KompatibilitasSangat luasSempitLuas
Perbandingan Dasar FAT32, exFAT dan NTFS

*Ini adalah perbandingan dasar dalam beberapa skenario bisa lebih dari itu.

Apa itu Format FAT32

Salah satu kelebihan FAT32 dibandingkan dengan lainnya ialah memiliki kompatibilitas yang luas. Artinya banyak perangkat yang mendukung format tersebut, di semua versi Windows, Mac, Linux, konsol game, dan hampir semua hal dengan port USB.

Pada dasarnya hanya mendukung sampai 32GB. Itulah kenapa flashdisk dan sd-card berkapasitas 32gb atau kurang dari itu menggunakan format FAT32. Sementara di atasnya saring memakai exFAT.

Batasan dari FAT32 hanya dapat menyimpan file maksimum 4GB (tidak bisa untuk menyimpan sebuah file berukuran lebih dari 4GB).

Kelebihan: kompatibilitas yang sangat luas. Kekurangan: tidak dapat menyimpan sebuah file dengan ukuran lebih dari 4GB.

Jadi apakah perlu menggunakan FAT32?

Jika penyimpanan kamu 32GB atau lebih kecil, dan tidak berencana menyimpan sebuah file besar (lebih dari 4GB), Format FAT32 bisa menjadi pilihan yang bagus.

Apa itu Format NTFS

Format NTFS berkaitan erat dengan Windows, ia bisa berjalan baik di OS windows. Tetapi memiliki keterbatasan dukungan pada OS lain. Pada Mac, NTFS hanya dapat dibaca, dan begitu juga dengan linux.

NTFS tidak memiliki batasan ukuran file atau ukuran partisi yang realistis, artinya ia dapat digunakan di media penyimpanan yang sangat besar.

Teknologi yang digunakan lebih canggih dari yang lain, seperti kinerja, izin file untuk keamanan, mengatur kuota volume, enkripsi, kompresi data dan lainnya.

NTFS juga bisa juga digunakan di flashdisk, yang biasa sering digunakan saat dijadikan flashdisk sebagai bootable windows.

Kelebihan: mempunyai banyak fitur kemampuan dan tidak memiliki batasan ukuran file. Kekurangan: Kompatibilitas perangkat.

Kapan format NTFS digunakan?

Ketika memakai media penyimpanan yang hanya akan digunakan di perangkat windows.

Apa itu Format exFAT

Format exFAT dirancang ringan dan optimal seperti FAT32. Tetapi exFAT memiliki kemampuan yang lebih, yaitu tidak memiliki batasan kapasitas dalam ukuran file maupun ukuran partisi yang realistis.

64gb exfat format
Format exFAT

Itulah kenapa flashdisk dan sd-card berkapasitas 64GB atau lebih besar menggunakan format exFAT. Di Windows, ketika kamu mencoba memformat flashdisk atau sd-card (berkapasitas 64GB atau lebih) kamu hanya akan menemukan NTFS dan exFAT. FAT32 tidak ada karena pada dasarnya tidak mendukung penyimpanan sebesar itu.

Kompatibilitas dari exFAT tidak seluas FAT32, tapi ia masih lebih luas dari NTFS. – Mac, PlayStation 5, PlayStation 4, (Xbox Series X, S, dan One) mendukung exFAT. Untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 tidak.

Kelebihan: Tidak memiliki batas kapasitas penyimpanan, bisa menyimpan file tunggal lebih dari 4GB.

Alasan kenapa harus exFAT?

Untuk menyimpan sebuah file yang lebih dari 4GB dan agar lebih banyak kompatibilitas dari pada NTFS.

Kartu SD berkapasitas besar berlaku untuk penyimpanan ponsel, kamera, kamera digital, camcorder, GoPro, DJI Drone, dll.

Kesimpulan

Yang perlu diketahui;

  • NTFS menjadi sistem file paling modern, banyak digunakan pada drive sistem windows secara default.
  • FAT32 tidak sebaik NTFS, tetapi memiliki kompatibilitas yang lebih luas pada sistem operasi lain. Adapun kompatibilitas, FAT32 masih yang paling luas.
  • exFAT dianggap sebagai sistem file alternatif untuk menggantikan FAT32, dengan kompatibilitas yang lebih besar daripada NTFS.

Dalam hal batasan;

  • NTFS: Tidak ada batasan ukuran file atau ukuran partisi yang realistis.
  • FAT32: Ukuran file maksimum 4 GB, ukuran partisi maksimum 8 TB.
  • exFAT: Tidak ada batasan ukuran file atau ukuran partisi yang realistis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.