Arti Typo dalam bahasa gaul, maksud dan untuk apa itu

Bahasa sekarang atau bahasa modern menjadi bahasa unik yang biasa diucapkan, istilahnya bahasa gaul anak muda Indonesia. Seperti halnya kata “TYPO”, mungkin kamu pernah menemukan kata ini di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Tiktok, twitter atau yang lainnya.

Kata-kata bahasa gaul biasanya dibuat dalam keseharian atau bahasa singkatan atau berasal dari bahasa inggris. Di negara luar TYPO sudah populer sejak 2005, di Indonesia kata ini baru ramai mulai tahun 2012.

Sebenarnya, apa itu Typo?

Typo Artinya

Kata typo berasal dari bahasa inggris, kepanjangan dari Typographical Error, dalam bahasa Indonesia diartikan dengan “salah ketik”.

Typo artinya

Yang di maksud salah ketik adalah kesalahan (pada ejaan) kata atau huruf yang diketik. Contohnya situs “sepoin.com” tapi diketik “spion.com” atau menulis kalimat “Salam untuk dia” menjadi typo “Salah untu dia“.

Kata benarTypo
urusanutusan
terbaruterbatu
terima kasihterima asih
xiaomixiomi
mungkinmingkin
Contoh TYPO

Kesalahan seperti ini biasa terjadi ketika mengetik chat atau pesan di gadget. Apa lagi jika kamu mengetik dengan bahasa daerah seperti bahasa Jawa, lalu ponsel kamu mengoreksi kata otomatis (dengan Bahasa Indonesia).

Contohnya ini.

contoh-typo
Ayo! Siapa bisa baca ini dengan lancar

Kesalahan dalam mengetik tidak hanya sebatas pada chat saja, namun juga di media lain seperti ketika mengetik di google, membuat status, mengetik di aplikasi word, atau bahkan media cetak dan acara tv sekalipun.

Kesalahan mengetik bisa membuat kata atau kalimat menjadi tidak sambung, lucu, bikin ngakak, sulit dimengerti atau bahkan jadi salah paham.

Penyebab tulisan typo

Ada banyak hal yang membuat tulisan menjadi typo, berikut ini adalah penyebab kata-kata seseorang typo.

1. Mengetik terlalu cepat atau kebiasaan

Ini biasa terjadi jika seseorang sedang terburu-buru dalam mengetik dan cepat-cepat ingin selesai, atau mungkin juga sedang tidak fokus, atau mengantuk.

Pada kondisi ini memungkinkan penempatan jari kurang pas, sehingga salah dalam memencet tombol, misalnya tombol A berdekatan dengan tombol S. yang seharusnya menulis “rumah” menjadi rumsh.

Salah pencet membuat tulisan jadi tulisan typo; mungkin tidak memiliki arti atau tidak bisa di baca.

2. Dari kebiasaan

Tanpa disadari, kadang kebiasaan salah ketik bisa saja terjadi. Ini menyebabkan penempatan huruf tidak sesuai atau letaknya terbalik.

Hal seperti ini dapat mengakibatkan sering menghapus dan menulis ulang kata. Tanpa disadari juga membuat durasi waktu mengetik menjadi lama.

3. Ukuran Keyboard

Ukuran keyboard bisa berbeda-beda. Terkadang keyboard terlalu kecil dapat membuat orang salah pencet tombol, seperti pada keyboard di HP dengan layar kecil.

Ukuran jari tidak sesuai dengan keyboard juga menyebabkan tombol yang di sentuh juga jadi tidak tepat/pas.

Terbiasa mengetik di keyboard besar (seperti komputer), namun berganti ke keyboard kecil (di laptop), ini juga menyebabkan feeling saat mengetik menjadi tidak tepat dan salah memencet tombol.

Pada akhirnya semua itu menyebabkan salah ketik atau Typo.

4. Fitur Auto Correct nyala

Kata berubah karena fitur Auto-Correct. Ini merupakan fitur untuk mengoreksi kata dan menggantinya dengan kata yang lebih benar secara otomatis sesuai pengaturan, hal seperti ini pasti kamu temukan di smartphone.

Contohnya menulis “nanti ikur ke pasar” maka fitur Auto Correct akan mengubah tulisan Typo menjadi lebih benar dengan “Nanti ikut ke pasar”.

Namun fitur ini akan salah menafsirkan kata jika kamu memakai bahasa selain Bahasa Indonesia, seperti bahasa daerah atau bahasa jawa.

5. Keyboard bermasalah

Tombol keyboard laptop atau komputer tidak berfungsi dengan benar juga menjadi masalah yang merepotkan saat mengetik. Mungkin saja tombol yang seharusnya mudah dipencet, menjadi sulit dipencet, kadang berfungsi kadang enggak.

Masalah seperti ini membuat huruf pada kata tidak lengkap, dan menyebabkan Typo.

Cara Agar tidak Typo

Saat mengetik, tentunya sebisa mungkin ejaan ditulis dengan benar. Tentunya agar tidak salah paham dan mudah di cerna. Atau jika salahnya kebangetan mungkin bisa jadi memalukan.

Berikut ini adalah beberapa saran untuk menghindari salah ketik.

1. Ketik dengan nyaman

Keyboard tidak pas, belum terbiasa dan cepat-cepat dalam mengetik membuat tulisan jadi Typo.

Cobalah pakai perangkat yang nyaman digunakan, pas untuk ukuran tangan kamu, dan usahakan jangan terburu-buru dalam mengetik. Intinya, usahakan agar kamu nyaman dalam mengetik.

Mula-mula lakukan dengan pelan-pelan, kemudian mulai biasakan diri kamu mengetik dengan benar, lakukan dengan santai.

Nantinya kamu akan membiasakan diri dengan kondisi dan letak tombol keyboard, selanjutnya secara otomatis kamu akan terbiasa mudah mengetik dengan benar, lama-kelamaan skill mengetik kamu jadi lancar, dan minim terjadi typo.

2. Matikan fitur auto correct

Sejak awal, fitur auto correct diatur menyala di setiap ponsel pintar. Kadang fitur tersebut tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan untuk mengetik, seperti yang dijelaskan di atas.

Jika kamu ingin mematikannya untuk mencegah tulisan kamu typo, berikut caranya:

koreksi otomatis
  • Buka pengaturan.
  • Kamu cari menu bahasa & masukan,
    (kamu bisa gunakan fitur pencarian jika ada).
  • Kemudian atur keyboard yang kamu pakai.
  • Pilih koreksi teks.
  • Pada bagian koreksi otomatis, atur menjadi off.

3. Pastikan perangkat berfungsi

Jika memang keyboard kamu bermasalah cobalah untuk diperbaiki, terlebih lagi sering dipakai mengetik. Pasti akan jengkel ketika mengetik selalu salah atau sering ada yang kurang hurufnya.

Untuk laptop mungkin bisa coba di bongkar sendiri jika bisa melakukannya, semisal tidak mau bisa dibawa ke tempat service center. jaga-jaga biar lebih aman.

Jadi typo itu

Intinya typo adalah kesalahan yang dilakukan ketika mengetik, bisa berupa kesalahan dari pengguna atau disebabkan dari perangkat gadget yang digunakan. Typo dapat membuat tulisan jadi:

  • sulit dibaca,
  • tidak bisa dibaca,
  • tidak sambung,
  • membuat salah paham.

Walau salah ketik dianggap kekurangan, namun Typo juga dianggap unik, sehingga bisa digunakan untuk menyingkat kata, atau bahkan untuk menarik banyak orang. Seperti ini!

Kata kata typo lucu ngakak

Typo juga dapat membuat tulisan menjadi kata-kata/tulisan humoris, dan lucu.

kata kata typo humoris

One comment in “Arti Typo dalam bahasa gaul, maksud dan untuk apa itu

  1. Typo dalam menulis pesan ke atasan, itu bener malu2in sih 🤣. Aku beberapa kali ngelakuin, dan data2 Krn auto correct memang. Masalahnya yg mereka benerin salah katanya juga hahahahaha. Jadi sejak pernah salah kirim message ke atasan, aku langsung super hati2 dan cek lagi message nya mas sebelum tekan send 😄

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.