“Apple iPhone 14” Fitur Apa yang Baru

iphone 14 pro

Apple menghadirkan iPhone 14 dengan model Plus, Pro, dan Pro Max pada 7 September 2022. Sekarang mereka tidak lagi menawarkan model mini, seperti pada iPhone 12 dan 13.

Perangkat ini akan lebih fokus pada keamanan dari pada spesifikasi baru. Namun beberapa spesifikasi dan fitur baru juga sangat menarik, seperti kemampuan kamera, dynamic island dan lainnya. Berikut beberapa spesifikasi baru yang ada di iPhone 14.

Tidak Adanya Slot Kartu SIM (di AS)

Di AS atau tepatnya iPhone 14 versi AS tidak memiliki dukungan slot kartu SIM fisik. Sekarang untuk terhubung ke jaringan seluler perangkat telah mengandalkan eSIM. Mau tidak mau kamu harus punya eSIM jika ingin beralih ke iPhone 14.

eSIM adalah kependekan dari “embedded SIM”, yang digunakan sebagai pengganti kartu SIM fisik, pengguna bisa memilih dan memasukkan nomor atau mungkin beralih ke operator lain tanpa harus mengeluarkan kartu SIM fisik. Ini bukan sesuatu yang baru, dulu model pertama yang menerapkan eSIM adalah iPhone XS.

Dengan fitur ini operator dapat dinyalakan dengan cepat melalui Pengaturan iOS. IPhone 14 dapat menyimpan hingga 6, sedangkan iPhone 14 Pro dapat menyimpan hingga 8. Ini khusus di negara AS, untuk model internasional jajaran iPhone 14 masih akan mendukung slot kartu SIM fisik (untuk saat ini).

Konektivitas Satelit Baru

Semua model iPhone tahun 2022 ini memiliki fitur baru bernama Emergency SOS via Satellite. Seperti namanya, ini memungkinkan iPhone untuk terhubung ke jaringan satelit dalam keadaan darurat di daerah yang tidak memiliki jangkauan seluler. Layanan ini akan tersedia di AS dan Kanada di November.

Emergency SOS via Satellite

Komunikasi satelit menggunakan pesan teks untuk terhubung dengan layanan SOS, bahkan mereka yang hanya menerima panggilan suara berkat Apple “relay centers” yang meneruskan pesan teks. Apple juga mendukung penggunaan non-darurat, seperti memberi tahu teman dan keluarga bahwa Anda baik-baik saja saat berada di luar jangkauan seluler.

Tidak ada model iPhone mini

IPhone 14 standar hadir dengan layar 6.1″, sedangkan model iPhone 14 Plus berukuran 6.7″ yang disediakan bagi yang ingin ponselnya lebih besar. Sayangnya, Apple iPhone 13 mini 5.4″ tidak mendapatkan penerus kali ini. Tidak ada informasi juga apakah Apple akan membuat model mini ke depannya.

Kedua model iPhone 14 tersebut memiliki tampilan dan kemampuan yang mirip dengan iPhone 13 Pro, Apple masih mengandalkan chipset bionic A15, namun dengan kinerja GPU 18% lebih cepat.

iPhone 14

Seri atasnya ada iPhone 14 Pro berlayar 6.1″ dan iPhone 14 Pro Max dengan layar 6.7″. Kedua model itu menggunakan chipset bionic A16, yang mereka klaim lebih efisien dan 40% lebih cepat dari kompetitor di tahun 2022.

Deteksi Crash di Semua Model

Berkat gyro “high dynamic range” yang ditingkatkan dan akselerometer “high-g” baru, Apple meluncurkan fitur yang disebut Crash Detection pada semua model iPhone 14 (dan Pro). Dengan ini iPhone dapat mendeteksi terjadinya kecelakaan mobil dan menawarkan pengguna untuk menghubungi layanan darurat.

Crash Detection

Jika pengguna tidak menanggapi permintaan tersebut, iPhone akan tetap meminta bantuan (layanan darurat) dan Siri akan tetap memberikan informasi tentang lokasi. Cukup masuk akal apabila mengalami cedera tentu pengguna tidak akan menanggapi ponsel mereka.

Fitur ini bergantung pada data yang dikumpulkan oleh sensor onboard, termasuk perubahan kecepatan yang tiba-tiba, perubahan arah yang tiba-tiba, tingkat suara yang keras, dan perubahan tekanan kabin karena pengerahan airbag.

Notch panjang yang Bagus (iPhone 14 Pro)

Apple telah mendesain ulang Notch untuk ponsel mereka di iPhone 14 Pro, dan juga telah memberi nama baru yang aneh untuk tampilan tersebut. Yang dijuluki Dynamic Island, ya benar ini adalah Pulau Dinamis, desain ulang tersebut lebih mirip pada perangkat Android saingan. Ini menampung kamera FaceTime yang menghadap ke depan, sensor cahaya sekitar, dan sensor yang diperlukan untuk membuka kunci ponsel yaitu FaceID.

notch iphone 14

Namun tidak di duga-duga Apple berhasil menghiasinya dengan sangat pintar dengan mengintegrasikan Notch ke dalam iOS 16 sehingga membuat ruang hitam tersebut terlihat berguna. Notch dapat menyatu dengan notifikasi, musik yang sedang diputar, penunjuk arah dan banyak lainnya semua dibalut dengan animasi yang yang apik.

Untuk membuatnya berfungsi, Apple berhasil mengecilkan sistem kamera True Depth yang digunakan untuk Face ID sebesar 31%. Disematkan juga sensor jarak di belakang layar yang semakin menghemat ruang.

Layar yang Lebih Cerah dan Selalu Aktif (iPhone 14 Pro)

Sebelumnya di iOS 16 memperkenalkan fitur widget dan aktivitas langsung. Sekarang itu lebih menarik, karena Apple menerapkan fitur always-on display di iPhone 14 Pro, yang membuat tampilan layar selalu aktif untuk melihat informasi penting lainnya tanpa mengangkat ponsel. Fitur ini eksklusif hadir untuk iPhone 14 Pro.

Fitur always-on display dimanfaatkan karena mereka menggunakan teknologi layar LTPO yang bisa menurunkan kecepatan refresh rate layar serendah 1Hz dan kombinasikan dengan keredupan layar cerdas membuat masa pakai baterai akan tetap terjaga.

Brighter Always On Display

Ponsel memanfaatkan sensor jarak untuk mendeteksi saat iPhone menghadap ke bawah atau ditempatkan di saku, kemudian mematikan layar untuk menghemat masa pakai baterai. Ini seperti implementasi layar Apple Watch yang selalu aktif.

Selain itu, layar sekarang mampu mencapai kecerahan 2.000 nits di siang hari yang cerah (dua kali kecerahan iPhone 13 Pro) atau 1.600 nits ketika menampilkan foto dan video HDR (naik dari 1.200 nits pada model sebelumnya).

Kamera dan Flash yang Ditingkatkan (iPhone 14 Pro)

Chipset bionic A16 dengan sistem kamera canggih membuat kekuatan kamera iPhone 14 Pro mengalami peningkatan.

Kamera utama iPhone kini menggunakan quad-camera 48 megapiksel, ini naik empat kali lipat dari milik iPhone 13 Pro yang cuman 12 megapiksel. Ukuran sensor 65% lebih besar memungkinkan lebih banyak cahaya masuk di setiap bidikan, ini akan bermanfaat ketika mengambil gambar di lingkungan bercahaya rendah.

Pengambilan gambar sebelumnya pengguna diberikan opsi 0.5x, 1x, dan 3x telefoto, sekarang apple menambahkan opsi 2x telefoto menggunakan sensor 48 megapiksel yang dapat mengambil foto penuh 12 megapiksel dan video 4K kualitas optik. Dengan sensor lebih besar dan bukaan lebih cepat dari pada sebelumnya, ini akan menghasilkan foto dan video lebih baik.

iphone 14 pro camera

Mode Sinematik yang mampu merekan video 4k pada 30 frame per detik, tentu ini meningkat dari sebelumnya yang cuman 1080p 30fps. Mode aksi adalah opsi baru untuk merekam video dari genggaman, yang menstabilkan rekaman tanpa perlu alat gimbal.

Terakhir, lampu flash TrueTone yang didesain ulang dengan serangkaian 9 LED kecil yang dapat menyesuaikan pola dan intensitas, tergantung pada panjang dan komposisi fokus pada foto. Ini bisa dua kali lebih terang dengan keseragaman hingga tiga kali lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Meskipun iPhone 14 Pro menerima sebagian besar peningkatan di sini, Apple telah menjanjikan sistem kamera ganda “Advanced” baru dengan kinerja cahaya rendah yang lebih baik pada model dasar kali ini.

Model pro mendapat peningkatan yang cukup banyak, untuk model standar Apple menjanjikan sistem kamera ganda “Advanced” baru dengan kinerja cahaya rendah yang lebih baik.

Berapa harga perangkat Apple ini? iPhone 14 baru tersedia pada 16 September mulai dari $799 (Rp.11,9 jutaan), dengan iPhone 14 Plus datang pada 7 Oktober dari $899 (Rp.13,4 jutaan). IPhone 14 Pro (mulai dari $999 atau Rp.14,8 jutaan) dan Pro Max (mulai dari $1099 atau Rp.16,3 jutaan) juga tersedia pada 16 September.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.