Fitur baru iOS 16 untuk pecinta iPhone

fitur bagus ios 16 untuk pengguna iphone

Apple menghadirkan iOS 16 diiringi dengan mengusung beberapa fitur baru , yang akan menambah kesempurnaan dalam menggunakan iPhone. Pembaruan ke iOS 16 diharapkan akan mengubah cara pengguna dalam memakai iPhone menjadi lebih baik.

iOS 16 akan mendukung banyak perangkat mobile apple, berikut model iPhone yang didukungnya.

  • iPhone¬†13
  • iPhone¬†13¬†mini
  • iPhone¬†13¬†Pro
  • iPhone¬†13¬†Pro¬†Max
  • iPhone¬†12
  • iPhone¬†12¬†mini
  • iPhone¬†12¬†Pro
  • iPhone¬†12¬†Pro¬†Max
  • iPhone¬†11
  • iPhone¬†11¬†Pro
  • iPhone¬†11¬†Pro¬†Max
  • iPhone XS
  • iPhone¬†XS¬†Max
  • iPhone¬†XR
  • iPhone¬†X
  • iPhone¬†8
  • iPhone¬†8¬†Plus
  • iPhone¬†SE (generasi ke-2 atau lebih baru)

Lock Screen lebih baru

Fitur Kunci layar di iOS 16 memiliki beberapa pembaruan yang membuatnya berubah, sebagian besar berfokus pada penyesuaian. Kamu dapat menyesuaikan warna lock screen, font, dan juga meletakkan atau mengubah widget. Apple juga menyiapkan lock screen bawaan yang keren tanpa perlu mengaturnya.

galeri lock screen iphone

Apple juga membuat galeri lock screen untuk memilih tampilan sesuai inspirasi dan keinginan, di sana juga ada tema yang disarankan, dan tema-tema lainnya yang sangat menarik. Mengubah tema lock screen bisa dengan mudah dilakukan, cukup tekan dan tahan lalu geser. Fitur tema lock screen otomatis juga ada, bisa di pakai jika ingin mengganti tampilan tema secara acak sepanjang hari.

Banyak informasi yang bisa ditampilkan di lock screen. Bahkan disediakan API WidgetKit yang bisa dimanfaatkan untuk menampilkan informasi dari aplikasi pihak ketiga ke lock screen.

Fitur Focus lebih ditingkatkan

Mode focus memungkinkan ponsel untuk menghilangkan notifikasi yang tiba-tiba muncul dan mengganggu. Ketika ada aplikasi yang ingin menampilkan notifikasi, maka notifikasi akan ditunda. iOS 16 menghubungkan mode fokus ke layar kunci, ketika mode fokus diaktifkan layar kunci akan menampilkan hal-hal tertentu (termasuk desain, widget, dan gaya).

mode fokus ios 16 iphone

Kamu dapat mengatur, saat mode fokus aktif mana aplikasi yang ingin disembunyikan, atau widget mana yang akan tampil.

Aplikasi pihak ketiga juga bisa memanfaatkan API filter Fokus untuk membangun fitur yang lebih kompleks pada aplikasi mereka. Mode fokus juga bisa dijadwalkan, seperti akan aktif pada jam-jam tertentu atau saat berada di lokasi tertentu.

Fitur filter pesan

Fitur pesan iphone ios 16

Pengguna iOS 16 diberikan leluasa untuk mengedit atau membatalkan pesan terkirim (dalam waktu 15 menit setelah mengirimnya) dan mengembalikan pesan yang terhapus (dalam waktu 30 hari setelah penghapusan) pada platform iMessage.

Fitur SharePlay lewat Pesan, memungkinkan kamu mengirim undangan untuk seperti menonton film, berolahraga, atau mendengarkan musik. Kolaborasi melalui pesan, kamu bisa membagikan catatan, presentasi, Apple Notes, dan lainnya di Pesan.

Kunci Sandi (Passkeys)

Passkeys adalah langkah yang menarik untuk menuju masa depan tanpa kata sandi. Fitur tersebut telah diluncurkan apple pada perangkat iOS 16. Teknologi ini berfungsi sebagai pengganti password, menggunakan public key cryptography atau private key cryptography.

Tentu ini berbeda dengan kata sandi alfanumerik, metode Kunci Sandi jauh lebih aman dari kebocoran situs web karena sifatnya unik untuk perangkat, serta sangat tahan terhadap serangan phishing. Passkeys disinkronkan ke iCloud dan akan menyediakan cara mudah untuk login. Dalam mengimplementasikan fitur tersebut Apple telah bekerja sama dengan Google dan Microsoft.

Aplikasi Fitness

Salah satu tool yang disediakan di Apple Watch yaitu aplikasi Fitness, sebuah alat untuk melacak latihan workouts dan melihat aktivitasmu pada gelang tangan (Smart watch). Sekarang di iOS 16, aplikasi ini sudah tersedia untuk siapa pun (baik yang punya Apple Watch ataupun tidak. Apple memperluasnya ke lebih banyak perangkat.

Browser Safari jadi lebih baik

grup tab browser safari

Di iOS 16 kamu bisa membuat tab yang dimasukkan ke dalam Grup Tab, dan bisa membagikan Grup Tab tersebut ke orang lain. Ini juga terhubung ke mode fokus, dengannya Grup Tab default bisa menjadi penting secara dinamis, menyesuaikan jam saat ini dan tempat lokasi berada.

Teknologi API yang diperluas untuk para pengembang, memberikan ekstensi yang lebih bagus, memungkinkan ekstensi bisa disinkronkan antar perangkat melalui iCloud. Sehingga bisa membuat pengaturan ekstensi akan sama di iPhone, iPad, dan Mac kamu.

Notifikasi berbasis web juga akan datang di iOS 16, fiturnya akan menyusul nanti di tahun depan. Tidak suka dengan notifikasi spam dari website tidak jelas? tenang, itu dapat ditangani.

Berbagi Foto Library di iCloud

Pada iOS 16 kamu bisa membagikan seluruh Foto Library ke lima anggota keluarga. Kamu dapat memilih, ingin membagikan foto lama atau berbagi foto tertentu, kemudian ada saran pintar yang akan memudahkan kamu dalam memilih foto yang tepat. Bahkan itu bisa bekerja secara otomatis.

berbagi foto library ios 16

Orang lain juga bisa menambahkan, mengedit, dan menghapus foto di shared library. Kamu dapat menikmati apa yang mereka ubah.

Peningkatan Apple Mail

Mail mendapatkan beberapa kemampuan yang menarik, seperti membatalkan pengiriman pesan (10 detik setelah mengirimnya), atau menjadwalkan pengiriman email. Kamu juga bisa memindahkan pesan ke bagian atas kotak masuk agar tidak melupakannya atau untuk meneruskannya nanti. Kemudian pengaturan Remind me (ingatkan saya), yang akan memunculkan kembali pesan di kotak masuk di lain waktu, sehingga pesan yang bagus tidak terkubur lebih dalam.

Fitur untuk menelusuri kotak masuk juga lebih baik, dengan melakukan koreksi untuk istilah penelusuran dan saran penelusuran cerdas ketika kamu mengetik.

Fitur Smart Home

Aplikasi Home juga dirombak menjadi lebih mudah, terutama dalam mengontrol perangkat smart home. Dengan tampilan baru, kategori, serta peningkatan tersembunyi yang diklaim apple akan membuat interaksi dengan Perangkat HomeKit lebih cepat.

Kamu juga bisa menaruh widget baru di layar kunci untuk berinteraksi dan melihat pembaruan lebih praktis dan cepat.

Apple juga memperkenalkan dukungan untuk Matter yang akan tiba di update berikutnya, ini dirancang untuk bisa terhubung ke perangkat smart home dengan baik pada platform berbeda seperti Google atau Amazon.

Apple Pay later dan Dompet

Apple pay later adalah layanan beli sekarang dan bayar nanti (utang), tersedia untuk pendaftar yang memenuhi syarat di United States. Pembayaran dimungkinkan bisa diangsur menjadi empat kali selama enam minggu, semua akan terlacak di Wallet.

apple pay later dan dompet

Fitur kemampuan untuk berbagi kunci dengan aman melalui aplikasi perpesanan seperti Pesan, Mail dan WhatsApp. Kamu bisa menentukan kapan kunci dapat digunakan atau mencabut akses izin kapan saja.

Pencari Foto Duplikat

iOS 16 hadir dengan alat bawaan yang bagus dan bermanfaat, deteksi duplikat. Dengan alat itu kamu bisa mengidentifikasi foto dan video duplikat atau sama, menunya dapat kamu temukan di Album > Utilitas, kemudian kamu juga bisa menggabungkan foto atau video duplikat menjadi satu item.

Apple menjelaskan bahwa penggabungan ini akan mempertahankan informasi file seperti favorit, kata kunci, dan keterangan, dan kualitas gambar atau video terbaik yang tersimpan.

Atau kamu bisa menyimpan yang bagus-bagus dan menghapus berkas yang tidak kamu suka.

Banyak fitur lainnya

Terdapat banyak daftar fitur baru dan penyesuaian baru dibuat di iOS 16. Apple juga menjanjikan generasi berikutnya dari CarPlay, peningkatan aksesibilitas lebih besar, Cuplikan App yang lebih baik, Handoff untuk memindahkan panggilan FaceTime ke perangkat iPad atau MAC, lebih banyak pose dan gaya Memoji, daftar pengingat yang disematkan, mengambil objek pada gambar lalu menyelipkannya ke pesan, live teks untuk mendeteksi tulisan dalam foto, dan pemberitahuan cuaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.