Android 12, Ini Fitur dan Kelebihan Baru

Android 12 pertama kali dipakai di ponsel milik google yaitu google pixel 6 series. Kemudian di diluncurkan juga pada hp ponsel lainnya seperti samsung, oppo, realme, xiaomi, vivo. Sebagian besar smartphone mereka yang memakai android 11 akan ada update pembaruan ke android 12.

Cukup banyak peningkatan yang diberikan android 12. Berikut adalah fitur dan kelebihan baru android 12.

Visual dan Warna baru dengan Material You

Ponsel Android 12 -  Material You
Ponsel Android 12 – Material You

“Designed for you”, Google membuat android 12 dengan membawa perombakan desain terbesar dalam beberapa tahun, desain baru itu bernama Material You. Nantinya desain tersebut akan bergantung kepada si pengguna.

Dengan Android 12, sistem akan memakai kemampuan ekstraksi warna untuk merubah desain warna sesuai dengan wallpaper yang sedang di pasang. Artinya warna sistem akan bergantung pada latar belakang wallpaper yang di pakai. Ini akan secara otomatis membuat ponsel menjadi unik.

Selain ekstraksi warna, beberapa yang lain yang baru ada transisi, desain baru animasi dan lainnya.

Quick Tiles Baru Android 12

Jika sebelumnya desain dasar android memakai ikon bulat dibagian atas panel, kini menjadi persegi panjang dengan bagian sudut yang membulat. Kayak di miui milik xiaomi. Tapi nantinya desain ini juga kan tergantung pada rom setiap produsen smartphone.

Satu lagi, Menu untuk mengaktifkan data selular maupun wifi dijadikan satu, menjadi menu Internet. Ketuk menu internet, lalu kamu akan menemukan jaringan seluler dan wifi.

Widget baru, serta organisasi widget

Di Android 12 tampilan dan pengguliran ketika memilih widget telah di rombak jadi lebih mudah. Tak hanya itu, api baru pada widget dapat meningkatkan kinerja, bisa bekerja dengan Material You, dan secara native.

API baru membantu pengembang meningkatkan tampilan dan fungsi dari widget.

Peningkatan privasi dan keamanan

Google membuat Android 12 dapat pengumpulan data aplikasi jadi lebih transparan. Ini akan membuat kontrol izin aplikasi akan lebih terperinci, serta mengelola bagaimana dan kapan aplikasi mengakses informasi.

Di Android 12, google memperkenalkan “Privacy dashboard” baru, melihat secara detail cara aplikasi mengakses informasi. Diagram lingkaran yang menunjukkan berapa banyak aplikasi mengakses izin seperti izin lokasi, mikrofon, kamera.

Ada juga opsi untuk mengubah izin aplikasi, Nantinya pengguna melihat pengaturan Kelola Izin dalam bentuk timeline (garis waktu).

android 12 kamera lokasi

Indikator baru akan muncul ketika ada aplikasi yang sedang mengakses kamera atau mikrofon, dan akses tersebut juga dapat dihidupkan maupun dimatikan. Kemudian izin lokasi bisa di atur untuk mengakses perkiraan lokasi atau bukan lokasi yang tepat (akurat).

Peningkatan rotasi otomatis

Sebelumnya fitur putar rotasi otomatis ditentukan oleh sensor akselerometer. Android 12 terdapat deteksi wajah dalam rotasi otomatis. Pada dasarnya ini akan mendeteksi wajah si pengguna.

Mode satu tangan

Android 12 menyertakan mode satu tangan. Mode ini akan menyusutkan tampilan menjadi hampir setengah dari layar. Mode ini membuat pengguna jadi lebih mudah dalam menjangkau apapun dengan satu tangan di ponsel yang lebih tinggi.

Android 12 Screenshot

Dukungan tangkapan layar bergulir

Google menambahkan dukungan screenshot bergulir ke android 12. Fitur baru memungkinkan untuk mengambil gambar dengan lebih panjang dari halaman yang sedang dibuka.

Cara menggunakannya, screenshot layar seperti biasanya setelah itu tekan tombol tangkap lebih banyak. Kemudian kamu bisa mula mengedit dan memotong gambar tangkapan layar.

Menyisipkan Konten

Fitur kecil baru Android 12, API untuk pengembang. Ini memungkinkan aplikasi untuk memindahkan media antar aplikasi. Seperti, menyalin dan menempelkan gambar dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Termasuk juga penanda teks (tebal, miring), video, audio dan lainnya.

Pencarian

Jika sebelumnya menu pencarian yang berada di launcher berfungsi untuk mencari aplikasi saja. Android 12 memberikan lebih, fitur “search” akan mencari aplikasi, kontak, pengaturan dan lainnya.

Efek audio dengan haptic

Di Android 12, pengembang bisa memadukan atau menggabungkan audio suara dengan pola getaran haptic feedback. Kekuatan dan durasi getaran bergantung pada bandwidth frekuensi nada audio.

Misalnya game balap akan memberikan efek getar yang berbeda ketika melaju di tanah dan aspal. Ini akan menambah pengalaman pengguna jadi lebih asik, serta memberikan efek komunikasi sentuhan yang jauh lebih menyenangkan.

Hibernasi aplikasi (Unused apps)

Aplikasi yang tidak digunakan secara aktif akan ditempatkan kedalam status Hibernasi. Fitur ini diperlihatkan dalam nama Unused apps.

Aplikasi yang telah masuk ke App Hibernation, secara otomatis akan mengoptimalkan penggunaan penyimpanan dengan menghapus file sementara & cache, menghentikan notifikasi dan menghapus izin aplikasi.

Untuk mengeluarkan aplikasi dari hibernasi, pengguna hanya perlu membuka aplikasi seperti biasanya.

Android 12 dashboard game mode
Android 12 game mode

API Mode Game

Android Android 12 menawarkan API Game Mode untuk para pengembang game. API baru tersebut memungkinkan pengembang menyertakan fungsi kinerja variabel untuk pengoptimalan yang lebih mudah.

Contoh, pengembang bisa menerapkan mode hemat baterai dengan menurunkan kinerja atau memaksimalkan kinerja dengan mengorbankan daya tahan baterai.

Masih banyak lagi Kelebihan baru lainnya yang ada di android 12, seperti pengoptimalan untuk perangkat layar yang lebih besar, dukungan gambar AVIF, emoji baru dan berbagai hal kecil baru lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.