5 Software Menganalisa Ruang Disk Terbaik di Windows 7/8/10

Di windows tidak merincikan folder mana yang berukuran besar maupun kecil. Sehingga kita akan kesulitan untuk memeriksa folder.

Seperti ketika mengelola data. Seiring waktu, penyimpanan akan terisi dengan tumpukan data berupa file dan folder berlebih, sampah, dan sesuatu yang tidak berguna lagi memenuhi disk drive.

Untuk mencari dan menemukan data tersebut kamu harus menggunakan software aplikasi penganalisis ruang disk, yang akan mempermudah kamu dalam mengelola data-data pada disk drive. Untuk apa aplikasi penganalisis ruang pada disk:

  • Melihat kapasitas/size/ukuran folder dengan mudah di windows?
  • Mengetahui folder dan file besar mana yang menggunakan banyak ruang penyimpanan?
  • Mencari file tidak berguna yang dapat dihapus dari drive C?
  • Apa yang banyak memakan ruang disk?

Aplikasi menganalisa Disk, Folder, File Terbaik

Di sini adalah beberapa pilihan software untuk menganalisa ruang pada Disk. Dan selanjutnya kamu dapat melihat file dan folder yang memenuhi disk. Kamu bisa menggunakan aplikasi software ini di windows 7/8/10.

1. Disk Analyzer Pro

disk analyzer pro

Disk Analyzer Pro adalah alat yang dapat memindai, menganalisa penggunaan disk kemudian menyajikannya dalam bentuk ringkasan.

Dengan ringkasan tersebut kamu dapat mengetahui file/folder lama, sampah, file besar yang menghabiskan ruang disk dan lainnya. Semuanya bisa diketahui, dari ukuran file & jenisnya, atribut, tanggal waktu, pemilik, dan daftar folder.

Selanjutnya Kamu bisa menghapus dan mengosongkan ruang disk milikmu.

Download Disk Analyzer Pro

2. TreeSize

treesize free

TreeSize adalah aplikasi gratis yang bekerja pada tingkat Master File Table agar dapat memindai data dengan kecepatan tinggi. Tetapi ia juga ada versi berbayar, yang menyediakan fitur dan alat yang lebih banyak.

Setelah melakukan analisa hasil akan ditampilkan dalam bentuk peta hierarki. ThreeSize juga membuat hasil analisa dalam bentuk diagram. Selanjutnya kamu dapat dengan mudah mengetahui ukuran folder dan file yang ada dalam disk.

Download TreeSize

3. SpaceSniffer

spacesniffer

Ini adalah alat gratis (freeware) dan portabel yang bisa membantu dalam mengatur ruang disk. Dengan konsep Peta Hierarki, kamu bisa melihat penggunaan ruang disk milikmu.

SpaceSniffer juga dilengkapi dengan opsi pemfilteran dan penyesuaian yang bagus. Serta diimbangi dengan pemindaian yang cepat di harddisk untuk menghemat waktu.

Download SpaceSniffer

4. Disk Recon

disk recon

Alat yang memberikan informasi yang perlu kamu ketahui tentang pemanfaatan ruang pada disk. Dengan alat Disk Recon kamu bisa menemukan file dan folder yang berukuran besar serta file duplikat/sama yang menghabiskan banyak ruang pada Disk.

Tak hanya memindai disk lokal ia juga bisa untuk memindai drive pada network (jaringan). Disk Recon dapat digunakan oleh orang yang masih awam dalam masalah komputer.

Download Disk Recon

5. WizTree

wiztree

WizTree dapat menganalisa disk dengan mudah pada harddisk. Alat ini dapat bekerja super cepat karena memakai MFT (Master File Table) dan NTFS dan ia juga secara otomatis menyortir direktori untuk mempermudah pemakaian.

Nah itulah software aplikasi yang dapat mempermudah kamu untuk mencari menganalisa data file dan folder pada disk.

Download WizTree

Leave a Reply

Your email address will not be published.