Mengenal Wifi 2.4 GHz dan 5 GHz, serta Perbedaannya

router dual band 2.4 ghz dan 5 ghz

Mengenai WI-FI Apakah kamu menemukan fitur Dual Band, yaitu pita 2.4 GHz dan 5GHz. Sebenarnya apa yang membedakan dari keduanya, apakah akan memberikan efek yang berbeda jauh.

Apa Perbedaan Nyata Antara pita 2,4 GHz dan 5 GHz?

Angka-angka tersebut mengacu pada dua band (atau pita) berbeda yang digunakan perangkat Wifi sebagai sinyal.

Perbedaan terbesar yang nyata dari keduanya adalah kecepatan. Dalam kondisi wajar Wi-Fi 2,4 GHz bisa mendukung hingga 450 Mbps atau 600 Mbps, bervariasi sesuai kualitas atau kelas dari router. Sedangkan 5GHz bisa mendukung sampai 1300 Mbps, dan tentunya juga bervariasi.

Band 2.4 GHz lebih cocok digunakan untuk tempat ramai (atau banyak device), seperti perangkat smart home. Gelombangnya yang lebih panjang cocok untuk rentan jangkauan yang lebih panjang pula, dan transmisi melewati dinding atau benda padat bisa lebih baik.

Namun, ketika banyak perangkat yang menggunakan band 2.4 GHz bisa menyebabkan kemacetan, koneksi terputus dan kecepatan jadi lebih lambat.

Band 5 GHz akan lebih bebas dari yang namanya macet, dan kemungkinan akan mendapatkan koneksi yang lebih stabil dan cepat. Akan tetapi gelombang yang dihasilkan cenderung lebih pendek, sehingga sulit untuk menembus dinding atau benda padat lainnya.

Karena memiliki gelombang pendek dan kemampuannya yang sulit menembus benda, membuat wifi 5 GHz memiliki jangkauan yang lebih pendek dari 2.4 GHz.

KelebihanKekurangan
Wifi pita 2.4 GHz– Jangkauan luas
– Lebih baik dalam menembus benda padat
– Kecepatan lebih rendah
– Lebih rentan terhadap gangguan
Wifi pita 5 GHz– Kecepatan lebih tinggi
– Minim gangguan
– Jangkauan lebih sempit/pendek
– Lebih sulit menembus benda padat

Apa itu Router Dual-Band dan Tri-Band?

Router dual-band merupakan router yang bisa memancarkan sinyal 2.4 GHz dan 5GHz secara bersamaan. Pada dasarnya router dual-band akan memberikan dua jaringan wifi yang terbaik dari keduanya. Untuk peralatan smart home kita bisa pakai 2.4 GHz yang tidak memerlukan koneksi yang cepat, sementara perangkat device bisa memakai 5GHz untuk koneksi yang cepat dan stabil.

Kemudian, Router tri-band yang dapat memancarkan tiga jaringan secara bersamaan, diantaranya dua sinyal 5 GHz dan satu sinyal 2.4 GHz. Kenapa ada dua sinyal pita 5 GHz, karena untuk mengurangi kemacetan/gangguan.

Dengan adanya dua sinyal 5 GHz, maka kita bisa memakai satu untuk streaming video beresolusi tinggi atau bahkan 4k dan satu lagi untuk gaming. Dengan begitu perangkat akan mendapat sinyal yang lebih stabil, dan ketika sinyal stabil jaringan tidak mudah terhambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.