Cara Download Gambar di Google Berkualitas Tinggi

Nah kita akan membahas cara download gambar di google dan menyimpannya ke PC laptop/komputer dan HP android, menggunakan alat untuk di pencarian gambar, dan memasang tombol untuk menampilkan gambar.

Pasti banyak yang tahu kan, bahwasanya Google menjadi tempat yang sangat kompleks untuk mencari sesuatu dan informasi. Selain teks kita juga dapat mencari sesuatu itu dalam bentuk gambar. Dan sejauh ini hanya Google yang dapat memberikan hasil paling relevan.

Ketika Kita mencari gambar di google dan telah menemukannya, apakah kita dapat mendownload atau mengambil gambar tersebut? Tentunya sangat bisa, dan kita juga bisa mendapatkan gambar dengan kualitas HD atau yang berkualitas tinggi.

Cara-cara mendownload di Gambar google:

Cara Download Gambar di Pencarian Google

1. Langkah pertama langsung buka saja pencarian google.com/imghp. Ketikan kata kunci gambar yang ingin kamu cari dan tekan enter (atau klik tombol search).

Setelah muncul hasilnya, kamu cari gambar kamu ambil atau simpan nanti.

2. Untuk mendownload, kamu klik gambarnya dan muncul tampilan preview seperti ini kan.

Preview penelusuran gambar google

Gambar asli akan di proses, sehingga tampilan gambar yang di preview akan jadi lebih jelas. Nah itulah ukuran gambar asli yang dicuplik dari pencarian.

* Proses pemuatan gambar tergantung koneksi internet kamu.

3. Jika gambarnya sudah tampil dengan resolusi aslinya. Kemudian Save (simpan) gambar tersebut, caranya klik kanan gambar tersebut kemudian pilih opsi Simpan gambar sebagai…

Simpan gambar ini

* Opsi “Simpan gambar sebagai…” untuk pengguna Chrome bahasa indonesia.

4. Terakhir pilih tempat lokasi penyimpanan, dan klik Save. Browser akan mulai mendownload (menyimpan) secepatnya.

Jika kamu ingin mengetahui resolusi/ukuran asli gambar. Arahkan kursor pada gambar preview, maka dibagian kiri bawah gambar akan muncul ukuran resolusi aslinya.

Nah bagaimana mudah kan.

Cara Download Gambar di Google (Kualitas HD) lewat HP

Umumnya gambar yang ditampilkan di pencarian Google mobile (hp) kualitasnya rendah sehingga ketika di zoom diperbesar akan pecah. Untuk mengatasi masalah itu kita perlu Ukuran Asli dari sebuah gambar, agar tidak pecah-pecah.

1. Pertama Kamu buka browser di Android, contoh di sini pakai Google Chrome biar lebih mudah. Selanjutnya kamu buka halaman google.com, kemudian masukkan kata kunci gambar yang ingin kamu cari.

2. Setelah itu, Kamu ubah kategori pencarian “Semua” menjadi “Gambar”.

3. Di Google versi mobile, gambar yang kamu lihat itu memiliki kualitas yang sangat rendah dan kurang jelas ketika kamu memperbesarnya. Untuk mengatasi itu, kamu harus atur ke Mode desktop.

Caranya ketuk menu berbentuk titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Lalu pilih opsi Situs Desktop untuk mencentang dan mengaktifkan mode desktop. Nanti halaman yang sedang kamu buka akan dimuat ulang secara otomatis.

atur android chrome mode desktop

Sekarang halaman telah menjadi versi desktop.

4. Selanjutnya Kamu pilih dan ketuk gambar mana yang ingin kamu download. Setelah kamu ketuk akan muncul preview gambar yang lebih besar.

Di sini kamu harus teliti, di bawah gambar besar itu ada garis animasi indikator yang bergerak. Itu artinya gambar asli belum dimuat. Jadi kamu tunggu dulu sampai indikator itu hilang (atau pemuatan gambar asli selesai).

Download gambar di chrome android

* Proses pemuatan gambar tergantung pada kecepatan koneksi internet kamu.

5. Setelah dimuat dan siap, pada preview gambar besar itu Kamu ketuk dan tahan hingga muncul menu opsi tindakan. Pilih Download Gambar (Download Image) untuk mengambil dan menyimpan gambar ke Galeri HP Android kamu.

Nanti gambar akan disimpan di Folder Download.

Tips dan Trik Mencari Gambar di Google

Apakah kamu sedang mencari ukuran gambar dengan resolusi yang bagus atau yang identik dengan warna tertentu. Kamu bisa mencoba memakai cara ini.

Di halaman hasil pencarian gambar google kamu tampilkan/lihat di tampilan atas. Klik tombol Alat (Tool).

Alat penelusuran gambar google

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan pencarian diantaranya:

  • Ukuran, untuk mencari gambar dengan ukuran tertentu, seperti besar atau sedang.
  • Warna, untuk mencari gambar yang identik dengan suatu warna.
  • Jenis, untuk mencari jenis gambar dalam pencarian.
  • Waktu, untuk mencari gambar yang di unggah ke internet dalam rentan waktu.

Nah bagaimana apakah alat Google ini dapat membantu kamu.

Menambahkan Tombol View Image

Tunggu dulu, apakah kamu sering mencari, mendownload dan menyimpan gambar dari google. Jika iya kita ada tips nih supaya kamu bisa lebih mudah mencari gambar sesuai.

Dulu Google memberikan tombol View image di pencarian gambar mereka, tapi kemudian tombol itu dihapus google karena untuk mengurangi pembajakan foto yang berlisensi. Kabarnya sih Google dituntut oleh banyak perusahaan seperti Getty, yang berbisnis dari jualan lisensi foto.

Untuk mengembalikan tombol tersebut Kamu bisa memakai plugin berikut.

Ekstensi tersebut dikembangkan oleh Joshua Butt yang diterbitkan sebagai proyek open source.

Alat tersebut tidak hanya untuk mengembalikan tombol View Image saja, tapi juga mengembalikan fitur Search by image untuk gambar terkait, yaitu fitur untuk mencari gambar yang berkaitan. Letaknya di bawah judul tepatnya setelah kata “Pelajari Lebih Lanjut”.

* Gambar yang kamu cari di google bisa saja memiliki hak cipta.