Apa itu Refresh Rate, FPS, dan Touch Sampling pada Layar

Apakah kamu melihat hp android yang menampilkan kelebihan refresh rate layar 90hz atau 120hz atau 144hz. Apa hubungannya dengan FPS pada game. Apakah refresh rate seperti itu penting. Dan, apa hubungannya dengan touch sampling.

Oke, disini kita akan membahas, apa itu refresh rate, FPS, dan touch sampling. Yang biasa ada di layar ponsel dan monitor komputer/laptop.

Apa itu Refresh Rate?

Refresh Rate adalah kecepatan layar dalam menampilkan jumlah gambar/frame baru di setiap detik, dengan satuan Hz (Hertz). Kecepatan ini akan membuat layar terlihat bergerak.

Istilah refresh rate pasti berhubungan dengan layar, baik itu layar monitor komputer atau ponsel.

Umumnya refresh rate pada layar adalah 60hz. Ini artinya di setiap detik, layar akan menampilkan 60 gambar. Begitu juga dengan 90Hz, dengan 90 bingkai gambar per detik.

refresh rate
refresh rate (sumber: youtube jagat review)

Dengan semakin canggihnya teknologi, kecepatan refresh rate sekarang bisa semakin tinggi. Nah tingginya kecepatan refresh rate ini tentunya akan menyebabkan tampilan atau gerakan layar akan semakin halus.

Semakin tinggi refresh rate, semakin cepat juga waktu latency layar untuk memperbarui gambar dan pixel. 60Hz memiliki latency 16.6 millisecond/milidetik (ms/md), 120Hz membutuhkan waktu 8.3 ms untuk memperbarui layar.

Apakah ada cara untuk meningkatkan refresh rate Android

Secara umum (standar), layar itu memakai refresh rate 60Hz. Itu adalah kemampuan dari layar. Jika kamu menemui ponsel Android dengan fitur refresh rate yang lebih tinggi, itu artinya layar dari ponsel tersebut memang telah mendukung kemampuan refresh rate yang tinggi. Seperti 90Hz, 120Hz atau di atasnya.

Dan tentunya tidak bisa untuk memaksakan refresh rate layar melebihi spesifikasi kemampuannya.

Cara setting refresh rate Android

Apa Smartphone android kamu bisa untuk refresh rate tinggi, 90Hz atau di atasnya? Jika IYA, kamu dapat mengaturnya pada menu pengaturan.

Apakah penting? Sebenarnya tidak, 60Hz untuk sehari-hari sudah cukup. Jadi refresh rate tinggi adalah opsional atau pilihan. Jika ingin tampilan terlihat yang lebih harus, refresh rate tinggi pilihannya.

Kamu tahu tidak, HP iPhone masih ketinggalan dalam penerapan teknologi ini. Karena hingga iPhone 12 layar yang digunakan masih memakai refresh rate 60Hz.

Kelebihan dan kekurangan Refresh Rate Tinggi

Kelebihan kecepatan refresh rate tinggi ialah memiliki tampilan yang halus dan lebih tajam ketika ada gerakan. Misalnya ketika melakukan scroll-scroll atau bermain game, setiap gerakannya akan terasa lebih lancar dan terlihat lebih jelas.

Kamu akan benar-benar tahu beda rasanya memakai layar 60Hz biasa dengan 120Hz atau yang lebih tinggi, ketika memakai dan melihatnya secara langsung.

Kalau 60Hz ke 90Hz perbedaan rasanya kurang greget, tapi masih tetap terasa lebih nyaman dari yang standar 60Hz.

Akan tetapi refresh-rate yang tinggi juga memiliki kelemahan, yaitu akan lebih banyak memakan daya baterai. Itu karena layar akan lebih banyak melakukan pembaruan tampilan.

Untuk smartphone premium atau kelas flagship, akan ada fitur adaptive refresh rate. Dengan fitur ini refresh rate layar bisa bervariasi sambil menyesuaikan penggunaan.

Contohnya ketika melakukan scroll refresh rate akan naik, sebaliknya ketika tidak ada gerakan ia akan turun.

Cara cek refresh rate Layar HP Android

Untuk mengetahui refresh rate yang sedang digunakan layar kamu bisa melihatnya di aplikasi AIDA64 bagian display (belum install, cari di play store). Ingin mencoba di browser kamu buka situs UFO test refresh rate.

Smartphone Android dengan refresh rate 120Hz+

  • Samsung Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra (Rp11,8 juta-Rp17 jutaan) = 120Hz
  • ASUS ROG Phone III (Rp10-15 juta) = 144 Hz
  • Xiaomi Mi 11 (Rp10 juta) = 120Hz
  • Xiaomi Mi 10T Pro (Rp6 juta) = 120-144Hz
  • Xiaomi Redmi Note 10 Pro (Rp3,5 juta) = 120Hz
  • Xiaomi Poco X3 NFC (Rp3 jutaan) = 120Hz

Baca: Monitor murah dengan refresh rate 144Hz

Apa itu FPS

FPS atau Frame Per Second adalah gambar yang dihasilkan di setiap detik. Istilah seperti ini biasa digunakan pada Game dan Video.

Game dengan fps yang rendah akan menghasilkan visual gambar yang tersendat-sendat atau kurang lancar. Dan tentu akan sangat tidak nyaman untuk dimainkan.

Dalam video juga ada fps, seperti video 4K 30fps artinya di setiap detik video tersebut terdapat 30 frame/gambar.

Dalam kamera, contohnya memiliki fitur video slow motion 720p 960fps, artinya dalam setiap detik yang direkam, kamera akan menangkap gambar sebanyak 960 buah. Jika video diperlambat 1 detik (960fps) bisa menjadi 16 detik (60fps), (960/60).

Apa kaitannya FPS dengan refresh rate

Fps ialah gambar yang dihasilkan, dan refresh rate ialah pembaruan gambar pada layar.

Ketika game menghasilkan lebih dari 100 fps, tapi monitor komputer kamu cuman bisa 75Hz. Artinya semua fps dalam game tidak ditampilkan di layar monitor.

Apa itu Touch Sampling

Touch Sampling adalah banyaknya respon sentuhan yang dapat diambil di setiap detik. Ini berbeda dan tidak sama dengan refresh rate.

Misalnya layar punya kemampuan touch sampling 240Hz, ini artinya setiap detik bisa mengambil 240 sampel sentuhan. Semakin tinggi touch sampling respon layar juga akan semakin cepat.

Touch sampling yang cepat berguna untuk main game.

Touch sampling 120Hz vs 240Hz

Pada video di atas layar touch sampling 240Hz mengambil respon sentuhan lebih banyak, ia akan mendeteksi sentuhan lebih cepat dari pada yang 120Hz. Pada akhirnya respon layar juga semakin cepat.