Cara Screenshot di Laptop/Komputer Windows 10 Mudah

Screenshot atau mengambil gambar yang ditampilkan pada layar, itu dapat kamu lakukan di komputer windows dengan berbagai cara. Kamu dapat mengambil semua gambar penuh di layar atau hanya sebagiannya saja. Keduanya dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Screenshot dengan Keyboard

Keyboard komputer maupun laptop memiliki tombol khusus untuk Screenshot layar, yang dinamakan Print Screen. Ada beberapa cara yang dilakukan dengan tombol tersebut, pertama kamu dapat menyimpan gambar layar dalam bentuk PNG, atau kedua menyalinnya (copy) ke clipboard lalu tempel (paste) ke dalam aplikasi.

Seperti biasa, tombol Print Screen terletak di sebelah F12 atau scroll lock paling atas. Kadang diberi label nama berbeda-beda atau disingkat, seperti “Prt Sc“, “PrtScn“, “PrntScrn“, atau “Print Scr“. Ini sangat umum terjadi pada keyboard laptop.

tombol screenshot laptop
keyboard asus

Tombol Screenshot Laptop

Penting juga untuk diketahui – pada keyboard laptop, tombol Print Screen biasanya dikombinasikan dengan tombol lain agar berfungsi. Misalkan harus menekan tombol Function atau Fn + tombol Print Screen laptop.

Simpan Screenshot sebagai File

Caranya screenshot di windows 7 atau 10 dan menyimpan file gambarnya.

  • Tekan dan tahan tombol Windows + ketuk tombol Print Screen sekali
  • Nanti gambar akan disimpan ke komputer berupa file gambar.
  • Beberapa laptop mungkin harus menggunakan Windows + Fn + PrtScn.
screenshot keyboard
screenshot keyboard komputer

Tips: Jika Kamu menggunakan tablet Windows 10 atau PC konvertibel 2-in-1 tanpa keyboard, tekan Power + Volume bawah untuk screenshot. Atau jika kamu melihat tombol logo Windows di layar tablet, tekan Windows + Volume bawah.

Tanda screenshot kamu berhasil ditandai dengan berkedip atau meredupnya layar. File gambar disimpan otomatis ke dalam folder “Screenshot”, letaknya di bagian Pictures > Screenshot. Nama file tersebut akan diberi tambahan nomor.

Secara spesifik file tersebut dapat kamu temukan di lokasi berikut:
C:\Users\NAMA\Pictures\Screenshots.

lokasi screenshot windows
lokasi screenshot windows 7/8/10

Copy gambar Screenshot

Untuk menyalin atau copy screenshot kamu ke clipboard, cukup:

  • Tekan tombol Print Screen (atau Fn + Print Screen untuk beberapa laptop).
  • Setelah itu Kamu bisa menempelkannya atau paste ke dalam aplikasi, seperti: Editor gambar Paint, Microsoft word, atau aplikasi mana saja yang mendukung gambar – cukup pilih Edit > Paste atau tekan Ctrl + V untuk menempelkan gambar.

Screenshot Bagian Aplikasi saja

Untuk mengambil gambar hanya di bagian aplikasi saja, bukan seluruh layar, tentu bisa. Caranya:

  • Pastikan kamu memilih jendela aplikasi yang ingin kamu Screenshot, (dan sedang membukanya).
  • Tekan Alt + Print Screen. (Pada laptop, mungkin perlu menekan tombol Alt + Fn + Print Screen).
  • Windows akan menyimpan gambar itu ke clipboard Kamu, dan kamu dapat paste gambar itu ke aplikasi. Contohnya: kamu paste ke aplikasi word atau paint.

Menggunakan Snip & Sketsa untuk Screenshot

Windows 10 memiliki alat Snip & Sketch sendiri, alat itu akan memberimu pilihan dalam mengambil gambar. Seperti mengambil gambar pada bagian tertentu sesuai keinginan, melakukan screenshot dengan timer penunda, atau ingin mengedit lagi gambarnya.

Screenshot sebagian Layar monitor

Snip & Sketch bisa melakukan screenshot layar dengan cepat, caranya tekan Windows + Shift + S. Nanti layar kamu akan berubah menjadi sedikit abu-abu dan mouse berganti menjadi tanda +.

Screenshot snip windows 10
menu screenshot windows 10

Kamu juga akan melihat beberapa tombol pada layat atas. Pilih metode yang kamu inginkan, dan seleksi bagian yang ingin di ambil gambarnya.

Berikut fungsi tombol-tombol tersebut (dari kiri ke kanan).

  • Rectangular Snip: Membentuk pola persegi di layar menggunakan mouse. Kamu cukup pilih dan gambar bagian mana yang ingin kamu ambil gambarnya. Secara otomatis windows akan menyimpan gambar dari bagian area yang kamu pilih tadi.
  • Freeform Snip: Membuat pola secara bebas di layar kamu dengan cursor mouse (bisa juga pakai stylus atau jari jika laptop kamu mendukung layar sentuh). Windows akan menyimpan gambar dari area layar yang kamu gambar.
  • Window Snip: Kursor kamu akan berubah menjadi crosshair. Pilih jendela aplikasi yang akan kamu screenshot.
  • Fullscreen Snip: Berfungi untuk mengambil screenshot seluruh layar.
  • Close Snipping: Menutup alat Snip & Sketch, jika kamu tidak jadi mengambil gambar. (Sebagai gantinya Kamu juga bisa menekan Esc pada keyboard).

Aplikasi Snip & Sketch akan menyimpan pilihan terakhir yang Kamu gunakan jika kamu membukanya dengan pintasan keyboard.

Menggunakan Gambar Screenshot

Setelah kamu mengambil gambar menggunakan pintasan keyboard Snip & Sketch, akan ada notifikasi bahwa gambar telah disimpan ke clipboard (dan telah di copy). Kamu dapat langsung menempelkan atau paste ke aplikasi yang mendukung gambar. (Gunakan Edit > Paste atau atau tombol Ctrl + V)

  • Tekan Windows + Shift + S.
  • Pilih metode seleksi.
  • Seleksi bagian gambar yang di tangkap.
  • Selesai gambar di salin.
  • Paste gambar di aplikasi kamu.

Jika notifikasi menghilang, buka/klik control action windows 10 untuk melihat lagi notifikasi, di pojok kanan bawah.

Edit Gambar Screenshot

Setelah menekan tombol Windows + Shift + S, selanjutnya kamu klik Notifikasi yang muncul, nanti itu akan membuka alat edit Snip & Sketch. Di situ kamu bisa menulis, mencoret-coret, menghapus, dan memotong area gambar.

Untuk menyimpan, kamu bisa klik ikon save (card) atau tekan Ctrl + S. Nanti windows akan meminta di mana kamu ingin menyimpannya.

snip and sketch windows 10

Screenshot dengan Timer (Tunda)

Kalau kamu membutuhkan waktu sebelum melakukan screenshot, kamu bisa menunda fungsinya dalam beberapa detik. Untuk melakukannya kamu perlu membuka alat Snip & Sketch secara langsung atau manual, dan atur waktunya.

aplikasi snip and sketch
  • Klik tombol start windows.
  • Cari atau ketik “Snip”.
  • Lalu klik aplikasi “Snip & Sketch”.
menunda waktu screenshot
  • Di sebelahnya tombol New, klik ikon arah bawah.
  • Pilih snip in 3 seconds atau snip in 10 seconds.
  • Sekarang Kamu punya waktu sebelum screenshot aktif.
  • Selanjutnya kamu bisa mengedit dan coret-coret tangkapan gambarnya.

Tip: Jika kamu suka menggunakan Snip & Sketch, Kamu dapat masuk ke setting dan mengatur aplikasinya agar lebih mudah digunakan; menekan Print Screen sebagai shortcut, otomatis menyalin screenshot ke clipboard, atau menambahkan garis/border di pinggir gambar.

Screenshot Layar Dengan Game Bar

Windows 10 memiliki fitur bernama Xbox Game Bar. Seperti namanya alat ini fungsi utamanya digunakan untuk Game, tepatnya mengambil gambar game ketika bermain. Namun itu juga bisa digunakan untuk aplikasi desktop. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi atau game yang ingin di ambil gambarnya.
  • Tekan Windows + Alt + Print Screen. Di beberapa keyboard laptop, mungkin perlu menggunakan Windows + Alt + Fn + Print Screen.
  • Nanti akan ada notifikasi Screenshot saved.
  • Klik notifikasi tersebut untuk membuka gambar di alat Game Bar.
  • Atau kamu juga bisa menekan tombol Windows + G keyboard untuk mengakses game bar.
screenshot tersimpan

Screenshot yang kamu ambil menggunakan alat Game bar berkasnya tersimpan di
C:\Users\NAME\Videos\Captures. (Gambar tersimpan di folder video)

Fitur Game bar ini juga dapat digunakan untuk merekan video layar windows 10 kamu. Tidak hanya game, kamu bisa merekam video tampilan desktop kamu atau aplikasi lainnya. Kemudian, file video akan tersimpan ke dalam folder C:\Users\NAME\Videos\Captures dalam format H.264 MP4.

lokasi screenshot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.