Perbedaan Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet 10/100/1000 Mbps

Jaringan internet kabel Ethernet

Ethernet adalah sebuah perangkat standar dalam sebuah jaringan komputer, biasa dikenal dengan istilah LAN (Local Area Network), fungsinya digunakan untuk menghubungkan antar komputer satu dengan yang lainnya.

Tidak semua teknologi Ethernet itu sama. Ada dua standar yang tersedia, yaitu Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet, masing-masing memiliki kecepatan yang berbeda. Mari coba memahami perbedaan antara keduanya dan mana yang harus dipilih. Yuk belajar lebih lengkap tentang Ethernet.

Kabel Ethernet
Kabel Ethernet

Fast Ethernet adalah teknologi Ethernet yang memiliki kecepatan 100 Mbps. Sejarahnya, mulai diperkenalkan pada 1980, saat itu kecepatannya masih 10 Mbps. 15 tahun kemudian (tahun 1995) versi terbaru disebut sebagai “10/100” Mbps (artinya memiliki kecepatan maksimum 100 Megabit per detik).

Gigabit Ethernet adalah teknologi Ethernet yang memiliki kecepatan sampai maksimum 1.000 Megabit (atau 1 Gigabit) per detik. Hadir di tahun 1998, Gigabit Ethernet atau “10/100/1000” Mbps saat ini menjadi standar baru.

Ada lagi yang lebih cepat. 10 gigabit per detik, tetapi belum menjangkau penggunaan secara luas di produk konsumen. Bahkan ada 1.000 Gigabit per detik (Terabit Ethernet) yang saat ini masih dalam pengembangan. Sebagian besar modem dan router saat ini hadir dengan antarmuka Gigabit Ethernet.

Perbedaan Singkatnya

Fast Ethernet, teknologi Ethernet lama dan mempunyai kecepatan 100 Megabit per detik.

Sedangkan Gigabit Ethernet, teknologi Ethernet modern atau lebih baru dan mempunyai kecepatan 1 Gigabit per detik, atau bahkan bisa lebih dari itu.

Kemudian untuk perbedaan dalam hal penggunaan sebagai berikut:

Fungsi kegunaan Fast Ethernet pada Umumnya

  • Untuk PC Desktop ataupun Personal Laptop dari level low hingga mid sampai high.
  • Untuk beberapa perangkat elektronik, seperti media player.
  • Untuk perangkat keras komputer, seperti proyektor dan juga monitor.
  • Untuk Access Point, Router, Bridge, dan perangkat keras jaringan komputer lainnya.

Fungsi kegunaan Gigabit Ethernet pada Umumnya

  • Untuk komputer server skala sedang hingga besar.
  • Untuk komputer atau PC desktop dan Laptop yang berspesifikasi tinggi (high end).
  • Untuk jaringan LAN, MAN, dan WAN yang membutuhkan akses data yang sangat cepat dan juga sibuk.
  • Untuk jaringan internet kabel.

Perangkat Gigabit dan Fast Ethernet yang bercampur pada jaringan akan menyebabkan kecepatan terbatas pada Fast Ethernet (100 megabits), intinya kecepatan hanya sampai 100 megabits. Jika digunakan untuk mentransfer file besar, membuat cadangan, atau aktivitas bandwidth intensif lainnya, perbedaan akan sangat terlihat.

Arti Spesifikasi Switch Hub Gigabit dengan yang biasa

Switch berbeda dari router? Switch menghubungkan pengguna dalam LAN menggunakan alamat MAC, sementara router digunakan untuk menghubungkan LAN ke jaringan area lain (atau ke internet). Router menggunakan alamat IP untuk merutekan transmisi.

Switch hub memiliki spesifikasi masing-masing:

  • Pada Switch hub biasa terdapat tulisan 10/100 Mbps artinya memiliki kecepatan transfer maksimum antara 10 dan 100 Mbps.
  • Sementara Switch hub gigabit dituliskan dengan 10/100/1000 Mbps artinya memiliki kecepatan 10/100 Mbps dan kecepatan transfer yang lebih tinggi 1000 Mbps ( atau 1 Gigabit per detik).

Beli perangkat Gigabit Ethernet bukan perangkat Fast Ethernet, meskipun harganya agak lebih mahal. Itu untuk jaga-jaga, jika dimungkinkan ke depannya untuk menggunakan jaringan yang lebih cepat.