Windows 11: Fitur dan Kemampuan Baru yang Menarik

Perkenalkan Windows 11

Sistem operasi penerus dari windows 10 resmi diumumkan. Ya itu adalah Windows 11, yang datang dengan berbagai peningkatan.

Dengan munculnya windows 11, microsoft menyadari Windows harus menjadi sistem operasi desktop yang lebih maju. Dari peningkatan multi tasking, dukungan untuk beberapa monitor, peningkatan game, dan aplikasi desktop Win32 di Store. Ya kini microsoft membuat windows jadi lebih baik.

Kapan Windows 11 Dirilis (release date)

Microsoft windows 11 datang pada 5 oktober. PC Windows 10 yang memenuhi syarat, Sudah bisa update ke windows 11.

Berapa GB Update Windows 11? mungkin kisaran 5 GB.

Perlu diketahui persyaratan sistem windows 11 lebih ketat. Seperti mendukung UEFI (secure boot), dan modul TPM versi 2.0. Lebih lengkapnya cek syarat Windows 11.

Kita lanjut ke apa yang baru di operasi sistem windows 11 ini.

Banyak Tampilan yang Berubah

Tampilan Windows 11

Desain tampilan di windows 11 terlihat berbeda dengan windows 10, yang terkesan lebih modern. Mulai dari tampilan taskbar, start menu, settings, sudut yang rounded (bulat), ikon-ikon baru dan banyak lainnya.

Dan Suara, suara di windows 11 dirancang agar lebih ringan dan lebih atmosferik. Bahkan tema gelap dan terang juga memiliki sedikit perbedaan.

Semuanya ditujukan untuk visual dan suara yang indah, segar, tenang.

Start Menu Baru, Berada di Tengah

Start menu Windows 11

Tampilan start menu yang disederhanakan dan dengan membawa tampilan yang lebih baru. Tidak ada lagi live tiles, tapi akan menampilkan daftar ikon aplikasi dan file terbaru.

Ikon-ikon tugas pada taskbar juga mengikuti dipindahkan ke tengah. Itu membuat pengguna jadi lebih fokus ke tengah.

Multi Windows & Multi Monitor

Snap Layouts Windows 11

Menggunakan banyak jendela aplikasi, Microsoft berupaya memberikan produktivitas dan meningkatkan snap pada windows 11. Fitur “Snap Layouts” berguna untuk mengatur (menata) aplikasi dengan cepat di layar windows. Cukup arahkan kursor ke “Maximize” pada jendela dan pilih letak penampilan aplikasi untuk ditampilkan.

Windows 11 juga akan mengingat letak aplikasi yang telah diatur dengan “Snap Groups”.

Untuk pengguna multi monitor akan lebih baik dengan pengalaman docking dan undocking baru. Ketika monitor dicabut jendela aplikasi akan mengecil dari pada menumpuk ke yang lainnya. ketika monitor dihubungkan kembali jendela akan otomatis mengembalikan ke posisi semula.

Update Lebih Cepat, dan Satu Kali Setahun

Microsoft mengatakan Windows 11 akan lebih baik dalam hal pembaruan. Ukuran update bisa 40% lebih kecil, serta proses yang berjalan di latar belakang seperti chrome book.

Tidak hanya itu, update besar akan ada satu kali dalam setahun. Sebelumnya yaitu Windows 10, microsoft memberikan update besar dua kali selama setahun, bisa dikatakan itu terlalu cepat, yang pada akhirnya menyebabkan beberapa bug besar.

Ini sama seperti sistem operasi yang lain, Google Android, Apple MacOS, dan iOS.

Store Baru Dengan Aplikasi Desktop

Microsoft Store Windows 11

Pengembang aplikasi windows sekarang bisa menawarkan aplikasi desktop win32 di Store bersama aplikasi Universal Windows Platform (UWP) dan aplikasi Progress Web App (PWA).

Dengan ini aplikasi desktop yang di install melalui store bisa diperbarui juga melalui Microsoft Store.

Store yang juga telah di desain ulang, memiliki Movies dan TV. Tetapi yang lebih penting, Microsoft mengatakan bahwa store baru ini dibangun kembali untuk lebih cepat.

Aplikasi Android Berjalan di Windows 11

Android apps Windows 11

Sebelumnya, Microsoft mengerjakan proyek untuk bisa mendukung aplikasi android di windows 10, tetapi mereka menghentikan proyek tersebut. Akan tetapi sekarang, dukungan untuk aplikasi android hadir ke Windows 11.

Aplikasi Android bisa didapatkan melalui Microsoft Store, akan tetapi tidak bersama Google melainkan Amazon AppStore. Microsoft menggunakan Intel Bridge Technology untuk bisa menjalankan app android di sistem mereka ini.

Intel Bridge Technology memungkinkan aplikasi seluler dapat berjalan secara native (langsung) di PC. teknologi ini bekerja di semua prosesor baik Intel maupun AMD.

Bagaimana! membuka aplikasi Android di windows tanpa perlu emulator akan jadi sesuatu yang menarik di Windows 11.

Widget dan Team di Taskbar

Widget windows 11

Windows 11 memperkenalkan Widget bisa dibuka dengan klik tombolnya yang berada di taskbar. Dengan Widget pengguna bisa menampilkan informasi seperti cuaca, berita, dan lainnya.

Microsoft Teams juga diintegrasikan ke dalam taskbar, yang dimana pengguna bisa melakukan obrolan (pesan teks maupun panggilan video) dengan orang-orang. Microsoft Teams dikenal sebagai aplikasi bisnis, sepertinya microsoft ingin lebih memperkenalkan ini ke semua orang.

Peningkatan Game PC

windows 11 game hdr

Bisa HDR Otomatis, fitur ini bisa membantu lebih dari 1000 game untuk terlihat lebih baik. Ini akan berfungsi untuk perangkat windows 11 yang mendukung HDR. Fitur HDR hanya berfungsi pada monitor yang support dengan HDR.

Direct Storage membantu mempercepat loading game. Ini membutuhkan penyimpanan berkecepatan tinggi (NVME) dan dengan driver yang sesuai. PC akan memuat data dari penyimpanan ke graphic card tanpa membebani CPU. Sebenarnya ini juga ada di windows 10 tetapi tidak sebaik pada windows 11.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.