Apa itu Samsung Knox? Seberapa pentingkah?

Secured by Knox

Apakah kamu pengguna Smartphone Samsung, Kamu pasti menemukan istilah “Knox”. Itu adalah fitur Samsung Knox yang kemampuannya hampir ada di setiap ponsel Samsung Galaxy, Apakah itu dan apa fungsinya, di sini akan membahasnya.

“Secured by Knox” kata yang dapat kamu lihat ketika menyalakan ponsel Samsung Galaxy, itu adalah fitur keamanan tambahan berlapis yang berjalan pada tingkat perangkat keras dan perangkat lunak yang diklaim lebih baik.

Ini didasarkan pada keamanan tingkat tinggi, menawarkan perlindungan multi-layer yang mencakup chipset, sistem, OS, jaringan, hingga kesalahan manusia. Knox juga dilengkapi kemampuan Secure Folder dan Knox Vault yang bekerja mengisolasi kata sandi pengguna dari data lainnya.

Cara Kerja Samsung Knox?

Keamanan Samsung

Perangkat Samsung memanfaatkan perlindungan prosesor ARM berbasis TEE menggunakan fitur yang disebut TrustZone. TrustZone dikombinasikan dengan perangkat Samsung Knox untuk mengenkripsi dan melindungi data yang bersifat sensitif, seperti kata sandi, biometrik, dan kunci kriptografi. Perlindungan berlapis tingkat chipset, kernel, firmware dan aplikasi.

Perlindungan tersebut dijalankan dalam OS berbeda yang bersanding dengan Android. Android tidak memiliki akses kata sandi atau biometrik, namun TrustZone yang memilikinya. Untuk menjalankan pekerjaan sensitif Android perlu meminta akses ke TrustZone, seperti mendekripsi data atau memverifikasi sidik jari.

Dengan TrustZone data berharga pengguna akan tetap aman karena tidak pernah diekspos ke OS Android atau aplikasi publik.

Semua proses tadi berjalan pada CPU dan memori yang sama pada perangkat utama. Namun tidak sampai di situ, Samsung berupaya lagi untuk meningkatkan keamanan lebih canggih pada ponsel mereka dengan menghadirkan Samsung Knox Vault.

Samsung Knox Vault?

Chip Samsung Knox Vault

Samsung menanamkan chip perlindungan yang disebut Knox vault pada perangkat dalam level manufaktur. Chip tersebut berupa prosesor dan memori baru yang disertai kemampuan perangkat lunak optimal. Itu adalah perangkat keras terpisah yang bekerja menyimpan data rahasia dan kriptografi seperti data informasi pembayaran, kata sandi, PIN, dan biometrik pengguna.

Chip keamanan tersebut sangat aman bahkan dapat bertahan dari serangan external seperti pencopotan chip, gangguan daya, serangan laser, dan banyak lagi.

Ini adalah keamanan brankas di dalam brankas dengan peringkat keamanan level EAL 5+, menawarkan perlindungan di tingkat aplikasi, firmware, dan kernel. Melindungi ponsel dari bahaya peretasan dan virus.

Knox dapat mendeteksi perubahan perangkat lunak yang tidak sah dan mengambil tindakan untuk melindungi data si pengguna. Samsung Bermitra dengan perusahaan teknologi terkemuka dunia seperti Android, Cisco, Qualcomm, dan lembaga keamanan lainnya untuk menjaga Knox tetap up-to-date.

Knox Vault ini tersedia pada perangkat Samsung kelas atas seri terbaru mulai Galaxy S21, Galaxy Tab S8, dan Galaxy Z.

Kesimpulan

Knox merupakan sistem keamanan pada ponsel Samsung yang bertugas melindungi data-data sensitif seperti file, informasi pembayaran, password, PIN dan data biometrik. Samsung Knox versi biasa berjalan bersama dengan prosesor dan memori utama.

Sementara untuk ponsel Samsung kelas atas, keamanan Knox Vault berjalan pada chip hardware khusus. Secara pekerjaan ini jauh lebih aman karena memori ditempatkan dengan aman jauh dari bank memori utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.