Apa itu IMAX Enhanced, Kelebihan dan kenapa lebih baik

IMAX Enhanced

IMAX Enhanced, konten premium kelas atas untuk pengalaman menonton sinema yang lebih memuaskan di rumah. Bagi yang baru tahu mungkin akan bertanya Apa itu, kenapa bisa begitu dan apa yang membuatnya berbeda, berikut ini semua yang perlu kamu tahu.

Perbedaan Versi IMAX

IMAX Enhanced adalah program sertifikasi yang dikembangkan oleh IMAX Corporation dan DTS. Program tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman menonton terbaik kepada penonton, dari segi gambar dan suara, layaknya bioskop.

Program ini terdiri dari dua bagian, yakni perangkat IMAX Enhanced dan konten IMAX Enhanced. Pada media perangkat, kamu akan menemukannya di televisi. Sementara pada konten, kamu dapat menemukannya di Blu-ray atau layanan streaming dengan kualitas 4K HDR.

Mirip-mirip dengan ekosistemnya Dolby, pada perangkat dan konten Dolby Vision dan Atmos. Namun, IMAX berbeda.

Kelebihan IMAX Enhanced

Dengan adanya konten IMAX Enhanced, pengguna akan diuntungkan dengan beberapa manfaat, dan merasakan konten yang mereka tonton akan lebih baik dari versi standarnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bida didapatkan oleh pengguna.

  • Perangkat sudah teruji

Perangkat TV yang sudah tersertifikasi IMAX Enhanced, artinya sudah memenuhi standar kinerja ketat dari IMAX dan DTS. Mulai dari mode tampilan, resolusi, warna, kecerahan, kontras, dan fidelitas sonik. Semua kinerja membuat pemirsa mendapatkan pengalaman terbaik, berupa gambar lebih bagus dan suara imersif.

  • Mode IMAX Enhanced

Perangkat memiliki mode khusus untuk mendeteksi konten IMAX Enhanced, memastikan film ditampilkan seperti yang diinginkan oleh pembuat film.

Semua konten IMAX Enhanced merupakan versi mastered atau re-mastered. Dikatakan, ini dilakukan dengan teknologi Digital Media Remastering (DMR) untuk mengurangi noise dan grain, mengoptimalkan kualitas dan kecerahan. Teknologi tersebut dapat menawarkan tampilan visual yang lebih baik. Tentunya semua dikerjakan di bawah bimbingan pembuat film.

  • IMAX Signature Sound

Film versi IMAX Enhanced tidak hanya meningkatkan kualitas gambar, tetapi juga memanfaatkan format DTS:X untuk menghadirkan IMAX Signature Sound ke dalam rumah. Membuat kamu dapat mendengarkan suara seperti berada di bioskop IMAX, dengan bass yang lebih dalam dan jangkauan yang lebih dinamis.

  • Konten lebih luas
aspek rasio imax enhanced

Film atau movie pada umumnya direkam dengan rasio panjang melebar atau 2,39:1, maka versi IMAX Enhanced direkam dengan aspek rasio 1,90:1. Ini menambahkan tampilan gambar yang lebih luas hingga 26%. Artinya kamu dapat menikmati film secara penuh, baik itu di TV maupun komputer besar yang mendukungnya, dengan lebih banyak gambar dan bilah hitam yang lebih sedikit.

Intinya, konten IMAX Enhanced dapat memberikan pengalaman film dan televisi tingkat IMAX dengan warna yang lebih hidup, kontras tinggi, dan definisi tinggi.

Mendukung IMAX Enhanced

IMAX ShangChi streaming

Perangkat TV dengan dukungan IMAX Enhanced akan memberikan pengalaman menonton yang lebih baik. Namun Kamu masih bisa menikmatinya di semua TV, dan tentu masih dapat melihat gambar dengan aspek rasio lebih luas dan jelas. Namun, Kamu tidak bisa mendapatkan suara IMAX Signature Sound yang dioptimalkan.

Beberapa penyedia konten, dan produsen TV telah didaftarkan untuk mengikuti program IMAX Enhanced. Sekarang dukungannya telah ada di beberapa perangkat TV premium, seperti produsen Sony, Hisense, TCL, dan Philips.

Marvel Studios, Paramount Pictures, dan Sony Pictures juga telah bekerja sama dengan IMAX untuk membuat film versi IMAX Enhanced. Tentunya IMAX dan DTS akan terus menambahkan mitra baru, sehingga dimungkinkan konten mereka akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Ketersediaan konten IMAX Enhanced pada layanan streaming juga semakin berkembang secara bertahap. Kamu dapat menemukan film IMAX Enhanced di Blu-ray dan layanan streaming. Beberapa layanan streaming Disney+, Sony Bravia Core, Rakuten TV, Tencent, iQiyi, dan Tsutaya telah menawarkan konten IMAX Enhanced di berbagai pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.